Berita

Kunjungi Halal Center UNP, Yayasan Pusat Studi Halal Indonesia Bahas Kerjasama Laboratorium Halal

Rabu, 25 September 2024 Humas UNP - Siti Sarah 365

Halal Center Universitas Negeri Padang (UNP) menerima kunjungan Yayasan Pusat Studi Halal Indonesia, sebuah halal center non-pemerintah nasional yang telah memiliki cabang di lima provinsi (Kamis,19/9/2024). Sebagaimana UNP, Yayasan ini termasuk berprestasi nasional dengan menerima penghargaan dari BPJPH terkait Sertifikasi Halal UMKM. 

Kunjungan ini bertujuan untuk mempelajari manajemen Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) UNP serta menjajaki kemungkinan kerjasama pemanfaatan laboratorium halal UNP bagi LPH yayasan tersebut.

Delegasi Yayasan Pusat Studi Halal Indonesia disambut oleh Kepala Pusat Kajian Halal UNP, Miftahul Khair, Ketua LPH UNP, Hendri Andimesta, MM, serta Penyelia Laboratorium Halal UNP, Afifatul Achyar, M.Si. Dalam pertemuan tersebut, kedua pihak berdiskusi tentang peluang kerjasama dalam memanfaatkan fasilitas laboratorium halal UNP serta rencana pendirian LPH baru guna mendukung perkembangan industri halal nasional.

“Kami sangat menyambut baik inisiatif kerjasama ini,” ujar Miftahul Khair. “Kerjasama ini diharapkan dapat memperkuat ekosistem halal di Sumatera Barat dan memberikan kontribusi nyata bagi pengembangan industri halal nasional.”

Ketua Yayasan Pusat Studi Halal Indonesia, H. Achmad Rajab Affandi, SE, juga menyampaikan apresiasinya atas sambutan hangat yang diterima. “Kami berharap dapat memanfaatkan jasa pemeriksaan halal dari Laboratorium Halal UNP sekaligus belajar tentang manajemen LPH dari UNP,” ujarnya.

Yayasan Pusat Studi Halal Indonesia mengajukan berbagai pertanyaan terkait regulasi dan proses yang diperlukan untuk mendirikan LPH yang memenuhi standar. Selain itu, mereka juga menunjukkan minat terhadap pemeriksaan halal di Laboratorium Halal UNP.

Tim dari Halal Center UNP memberikan penjelasan mendetail serta berbagi pengalaman dan praktik terbaik dalam menjalankan LPH. Pertemuan ini ditutup dengan kesepakatan untuk menindaklanjuti pembahasan melalui penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara Laboratorium Terpadu UNP dan Yayasan Pusat Studi Halal Indonesia, terutama terkait pemeriksaan halal di Laboratorium Terpadu UNP. Para delegasi kemudian diajak ke laboratorium halal UNP, dan menyaksikan operasional pemeriksaan dengan alat Real Time PCR.

Kunjungan ini memperlihatkan potensi besar kerjasama antara perguruan tinggi dan lembaga swadaya masyarakat dalam mengembangkan industri halal di Indonesia. Melalui kerjasama ini, diharapkan dapat membantu pencapaian target industri halal nasional.



Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah