Berita

Bakti Konseling, Langkah LP3S UNP bantu Kurangi Trauma Korban Banjir Bandang Agam

Jumat, 31 Mei 2024 Humas UNP - Siti Sarah 527

Agam - Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pelaksana Tugas Strategi (LP3S) Universitas Negeri Padang (BK UNP) telah berhasil melaksanakan kegiatan bakti konseling masyarakat tanggap bencana banjir bandang di Kabupaten Agam yang digelar dari tanggal 26 hingga 28 Mei 2024 lalu. 

Program yang diusung oleh Pusat Layanan Bimbingan dan Konseling (BK) LP3S UNP ini bertujuan untuk mendukung pemulihan emosional dan psikologis masyarakat yang terdampak bencana melalui berbagai bentuk layanan konseling dan terapi.

Kepala Pusat Layanan Bimbingan Konseling UNP Dr. Yarmis Syukur, M.Pd., Kons. sebagai koordinator kegiatan melalui keterangan tertulis yang diterima Humas UNP, Jumat (31/5/2024) mengungkapkan dukungan penuh dari pimpinan universitas menunjukkan komitmen tinggi UNP dalam membantu masyarakat terdampak bencana. 

"Pusat Layanan BK UNP memainkan peran sentral dalam keberhasilan kegiatan ini. Sebagai fasilitator utama, BK UNP tidak hanya menyelenggarakan program-program yang dirancang khusus untuk membantu korban bencana, tetapi juga mengkoordinasikan seluruh kegiatan dengan efektif dan efisien," terangnya.

Berikut adalah beberapa peran penting yang dijalankan oleh Pusat Layanan BK UNP seperti, penyediaan sumber daya manusia profesional, pengembanganga program terapi yang terstruktur, koordinator dan pelaksanaan kegiatan di lapangan, evaluasi dan monitoring dan serta dukungan emosional dan psikologis.

"BK UNP menyediakan tim konselor profesional yang memiliki keahlian khusus dalam menangani trauma dan stress pasca bencana. Para konselor sudah terlatih dan profesional untuk bekerja dengan berbagai kelompok usia, dari anak-anak hingga orang dewasa, dan memberikan layanan konseling yang berbasis pada kebutuhan individu dan kelompok," tambahnya.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan bagi para korban adalah play dan art therapy untuk siswa SD dan TK, layanan informasi manajemen stress, konseling individu, kunjungan rumah korban banjir bandan kemudian yang terakhir konseling kelompok (Utr/Humas UNP)

Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah