Berita

Prodi PAI Gelar Visiting Lecturer, Hadirkan Guru Besar dari King Fahd University of Petroleum and Minerals

Jumat, 26 April 2024 Humas UNP - Siti Sarah 608

Padang - Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Departemen Ilmu Agama Islam, Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Padang (UNP) menggelar Visiting Lecturer dengan menghadirkan Guru Besar dari Departemen Dirasah Islamiyah Wal Arabiyah, King Fahd University of Petroleum and Minerals (180 QS World University Ranking), Prof. Mesfer Al Qahtani pada Jumat (26/4/2024).

Ketua Program Studi Pendidikan Agama Islam, Dr. Alfurqan, S.Ag, M.Ag mengatakan Visiting Lecturer ini merupakan program aktivasi dalam mendorong Universitas Negeri Padang Menuju World Class University. 

Kegiatan diawali dengan pengantar oleh, Dr. Alfurqan kemudian dilanjutkan dengan pemantik oleh tim teaching Dosen Pengampu Islam dan Sains, Dr. Halomoan, M.Pd. dengan tema At Taskhir Al Kauni Lil Insan. 

Perkuliahan dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting itu diikuti oleh Mahasiswa Semester 6 PAI.  Adapun talking point pada sesi kali ini, yaitu, alam semesta ini ditundukkan oleh Allah bagi Umat manusia untuk kesejahteraan hidup mereka terbukti dengan kalimat “taskhir” yang diulang dalam Alquran sebanyak 22 Kali. 

“Alam ini ditundukkan bukan dengan sekonyong-konyong tapi melalui tahapan ilmu pengetahuan. Banyak ahli sains Muslim terdahulu yang telah memberikan sumbangsih penting dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan, diantaranya Ibnu Sina (Ahli Kedokteran), Al-Khawarizmi (Ahli matematika dan astronomi), Ibnu al-Haytham (Ahli Fisika), dan para ilmuwan muslim lainnya,” Terang Prof. Mesfer Al Qahtani.

“ Hari ini, sains adalah kekuatan, siapa saja yang menguasai sains maka ia akan menjadi yang terkuat. Alquran sangat mendorong umat islam untuk menguasai Sains,” tambahnya.

Interaksi antara Prof Mesfer dan mahasiswa sangat baik, hal ini dapat dilihat dengan tingginya animo mahasiswa mengikuti kelas tersebut.  (Utr/ Humas UNP)






Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah