Berita

Forum UMKM Lembah Gumanti, Ikuti Peningkatan Literacy Keuangan Dan Strategi Pemasaran Produk Dari Tim Pengabmas UNP

Jumat, 30 September 2022 Humas UNP - Siti Sarah 609

Padang— Ketatnya persaingan UMKM saat sekarang ini menuntut pelaku UMKM harus lebih kreatif dan inovatif serta jeli menangkap setiap peluang yang ada. Selain itu, pembukuan keuangan yang bagus dapat menunjang kegiatan UMKM kedepannya. Berdasarkan hasil diskusi dengan perwakilan forum UMKM Lembah Gumanti pada Februari 2022 silam, Desla Rensa (Ketua) dan Ibu Sukma Rani (Sekretaris), Tim Pengabmas UNP melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) pada tanggal 13-14 September 2022.  


Kegiatan PKM yang dilaksanakan di UPTD Pertanian Alahan Panjang, diikuti oleh 40 orang anggota Forum Lembah Gumanti. Kegiatan ini dimulai dengan pembukaan oleh ketua Tim Pengabmas Astri Yuza Sari, SE., M.M dan dilanjutkan dengan pemberian materi serta praktek oleh bapak ibu pemateri.


Okki Trinanda, SE., M.M, yang merupakan dosen di Jurusan Manajemen FE UNP dan juga certified dalam pendampingan UMKM memaparkan materi terkait pentingnya digital marketing, dan strategi pemasaran bagi UMKM. Melalui kegiatan ini, banyak anggota forum UMKM melakukan konsultasi terkait produk mereka saat acara berlangsung.

Materi terkait peningkatan Literacy Keuangan disampaikan oleh Efni Cerya, S.Pd., M.Pd.E, Kepala Labor Inkubator bisnis UNP, sepaket dengan praktek penggunaan aplikasi “Buku Warung”. Anggota Forum Lembah Gumanti sangat antusias dalam penggunaan aplikasi tersebut. Karena dengan aplikasi “Buku Warung” dapat mempermudah pelaku UMKM mencatat transaksi keuangan dan juga aplikasi tersebut sangat user friendly.


Kegiatan ini dilanjutkan keesokan harinya dengan demo dan praktek pengembangan produk UMKM berbahan dasar produk unggulan daerah. Demo dan Praktek ini dipandu oleh Silvi Septia Roza, S.Pd selaku founder Nangchin. Dalam kesempatan tersebut ibu Silvi memberikan beberapa resep olahan berbahan dasar strarwbery yang banyak dijumpai di daerah Lembah Gumanti.


Kegiatan yang dilaksanakan oleh Tim Pengabmas UNP yang beranggotakan Ilham Thaib, SE., MM dan Rahmulyani Fithriah, S.Pd., M.Hum, sangat diapresiasi oleh Forum UMKM Lembah Gumanti, karena memberikan pengetahuan baru serta menciptakan inovasi baru dalam peningkatan daya saing produk UMKM Lembah Gumanti. (AYS/Humas UNP)











Share:

Akademik Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah