Berita

Departemen Psikologi FPK UNP Gelar Seminar Nasional APsi LPTK 2024

Minggu, 30 Juni 2024 Humas UNP - Siti Sarah 1031

Seiring dengan kemajuan teknologi yang pesat, Artificial Intelligence (AI) telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan modern. Dari sistem otomatisasi di industri hingga asisten virtual di perangkat pintar kita, AI telah merambah ke berbagai aspek kehidupan manusia. Meskipun membawa potensi besar untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan kenyamanan, perdebatan tentang apakah AI akan menjadi teman atau ancaman bagi manusia semakin mendalam. Hal ini yang dielaborasi dari berbagai perspektif melalui Seminar Nasional APsi LPTK dengan tema "AI: Teman atau Ancaman?" Seminar ini diselenggarakan oleh Departemen Psikologi Fakultas Psikologi dan Kesehatan (FPK) Universitas Negeri Padang, pada hari Sabtu, 29 Juni 2024.

Kegiatan seminar dibuka oleh Rektor UNP yang diwakili oleh Wakil Rektor I, Dr.Refnaldi, M.Lit. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa seminar ini akan menjadi forum penting untuk menggali dan mendiskusikan implikasi AI dalam berbagai bidang kehidupan. Tentunya akan memberikan wawasan  mendalam tentang perkembangan terkini dalam bidang kecerdasan buatan, serta mempertimbangkan dampaknya terhadap masyarakat, ekonomi, etika, dan kehidupan manusia secara keseluruhan. 

Seminar ini menghadirkan dua keynote speaker, yaitu: Dr. Rahkman Ardi, M.Psych. (UNAIR) yang mengupas topik AI: Peluang dan Tantangan Bagi Ilmuwan dan Profesi Psikologi, serta Dr. Mardianto, S.Ag., M.Si (UNP) yang mengkaji topi AI: Perspektif Filsafat Ilmu dan Psikologi Siber. Disamping itu seminar ini juga menghadirkan sejumlah pembicara dari berbagai bidang, diantaranya Psikologi Pendidikan (Rizqy Cahyo Utomo, M.Psi, Psikolog (UNY) dan Dr. Damajanti Kusuma Dewi, M.Si. (UNESA)), Psikologi Industri dan Organisasi (Siti Nuzulia, M.Si., Ph.D. (UNES) dan Diah Zaleha Wyandini, M.Si. (UPI), serta Psikologi Sosial (Dr. Gumgum Gumelar F.R., M.Si. (UNJ).

Para pembicara ini membahas berbagai perspektif tentang AI, termasuk potensi penerapan AI dalam  meningkatkan inovasi dan efisiensi, tantangan etika yang terkait dengan penggunaan AI, serta potensi dampaknya terhadap lapangan pekerjaan, privasi individu, dan keamanan siber. Seminar ini sekaligus menjadi platform untuk mempromosikan dialog antara pemangku kepentingan, termasuk akademisi, profesional, pengambil keputusan, dan masyarakat umum, dengan tujuan untuk merumuskan pemahaman bersama tentang peran AI dalam masyarakat masa depan.

Kepala Departemen,  Psikologi UNP, Dr. Mardianto, S.Ag., M.Si. menyatakan bahwa melalui seminar ini, diharapkan dapat dibangun pemahaman yang lebih komprehensif tentang implikasi AI, serta strategi untuk mengelola dan memanfaatkannya secara bijaksana guna mendukung kemajuan yang berkelanjutan dan kesejahteraan manusia. Peserta seminar mencapai 300-an orang, mulai dari unsur dosen, mahasiswa, dan peserta umum.

Sementara itu Dekan FPK UNP, Dr. Suryanef, M.Si. mengapresiasi pelaksanaan seminar nasional Asosiasi Psikologi (APsi) LPTK ini karena telah menjadi agenda rutin tahunan serta menggilir pelaksananya dari anggota APsi LPTK yang ada. Apalagi topik kali ini menjadi salah satu isu penting sert menjadi sebuah fenomena yang mengubah lanskap teknologi dan kemanusiaan secara keseluruhan. Demikian pernyataannya kepada Tim Humas UNP.





Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah