Berita

Subuh Mubarak Universitas Negeri Padang Pagi Ini: Membentuk Insan-insan Qurani

Jumat, 27 Oktober 2023 Humas UNP - Siti Sarah 128

PADANG - Kehadiran sivitas akademika setiap Subuh Mubarak dalam beberapa minggu terakhir itu sudah mulai banyak dan pimpinan Universitas Negeri Padang mengharapkan kehadiran yang maksimal untuk kegiatan Subuh Mubarak berikutnya di Masjid Raya Al-Azhar ini.

Demikian disampaikan oleh Rektor Universitas Negeri Padang yang diwakili oleh Wakil Rektor I Dr. Refnaldi, M.Litt. dalam sambutannya pada kegiatan Subuh Mubarak yang dilaksanakan secara luring pada Jumat (27/10) bertempat di Masjid Raya Al-Azhar Kampus UNP Air Tawar Padang dan secara daring melalui zoom meeting. Kegiatan Subuh Mubarak pada Jumat pagi ini diselenggarakan oleh Fakultas Teknik (FT), Universitas Negeri Padang.

Pada kesempatan itu Wakil Rektor I Dr. Refnaldi, M.Litt.menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ustaz Dr. H. Syafruddin Halimi, Lc., M.A. yang merupakan dosen UIN Imam Bonjol, Padang. Kegiatan Subuh Mubarak yang diselenggarakan setiap Jumat pagi dihadiri oleh Rektor, Wakil Rektor, Kepala Lembaga, Kepala Biro, Kepala UPT, Dekan, Wakil Dekan, Ketua Departemen, Koordinator Program Studi, dosen, tenaga kependidikan dan sivitas akademika Universitas Negeri Padang.

Ustaz Dr. H. Syafruddin Halimi, Lc., M.A.dalam ceramahnya dengan topik "Membentuk Insan-insan Qurani" menyampaikan bahwa hal kebaikan bukanlah hal yang bersifat fisik semata, tetapi hal yang baik adalah iman dan hanya tunduk kepada Allah dan tidak tunduk kepada siapa serta apapun juga dan itulah salah satu wujud insan Qurani.

Pada kesempatan Ustaz Dr. H. Syafruddin Halimi, Lc., M.A. menyampaikan bahwa insan Qurani adalah insan dengan iman yang diharapkan adalah iman yang tumbuh dengan kesadaran akal sebagai pemikir.

"Insan Qurani juga menyadari dan memahami adanya alam gaib sebagaimana iman kita kepada malaikat dan alam gaib dan iman kita kepada hari akhir," tambah Ustaz Dr. H. Syafruddin Halimi, Lc., M.A.

Lebih lanjut Ustaz Dr. H. Syafruddin Halimi, Lc., M.A. menjelaskan insan Qurani adalah insan yang menyadari dirinya adalah bagian dari komunitas atau masyarakatnya dan peka dan peduli terhadap anggota masyarakat.

"Insan Qurani adalah insan yang mendirikan salat dengan semua hal kesempurnaan yang tidak hanya fisik tetapi sempurna ibadah salat yakni fisik, akal, dan hati," tukuk Ustaz Dr. H. Syafruddin Halimi, Lc., M.A. (ET) Berita dikutip dari beritaminang.com



 

Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah