Berita

Wisuda ke-136 UNP, Kebahagiaan Wisudawan dan Berkah untuk UMKM

Jumat, 27 September 2024 Humas UNP - Siti Sarah 438

Padang – Gelaran Wisuda ke-136 Universitas Negeri Padang (UNP) yang berlangsung pada 26-29 September 2024, bukan hanya momen penuh kebahagiaan bagi para wisudawan dan keluarganya, tetapi juga membawa berkah tersendiri bagi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kota Padang.

Dari gerbang utama hingga gedung-gedung fakultas, kampus UNP dihiasi oleh beragam dagangan UMKM, mulai dari buket bunga, souvenir wisuda, hingga makanan dan minuman. Warna-warni barang dagangan menciptakan suasana yang semarak dan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung dan wisudawan.

Salah satu pedagang yang ikut merasakan manfaat dari acara wisuda ini adalah Kiki (45), penjual buket bunga. Saat ditemui oleh Humas UNP pada hari kedua Wisuda, Jumat (27/9/2024), Kiki mengaku bahwa momentum wisuda selalu memberikan kesempatan baginya untuk meraup keuntungan lebih besar dibandingkan hari-hari biasa.

“Buket bunga ini memang paling dicari saat wisuda. Harganya bervariasi, mulai dari Rp 20 ribu hingga Rp 100 ribu. Alhamdulillah, omset saya bisa mencapai Rp 1 juta per hari, jauh lebih tinggi dibandingkan hari biasa yang hanya Rp 300 ribu paling tinggi,” ujarnya.

Ia juga berharap kedepannya tetap diberikan izin untuk berjualan di sekitar kawasan Auditorium UNP. “Biasanya saya berjualan di kawasan Ulak Karang, dan momen seperti ini sangat membantu kami para pedagang kecil,” tambah Kiki penuh harap.

Selain pedagang buket bunga, penjual minuman seperti Satria (31) juga merasakan lonjakan pendapatan selama acara wisuda ini. Ia bahkan rela datang dari Solok demi memanfaatkan peluang bisnis di momen spesial ini. “Saya bisa mendapatkan penghasilan lebih dari Rp 700 ribu per hari. Acara seperti ini sangat mendukung keberlangsungan usaha kecil seperti kami,” ungkap Satria.

Pada hari kedua Wisuda ke-136, UNP mewisuda sebanyak 804 lulusan, terdiri dari 507 lulusan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dan 297 lulusan dari Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK). Orasi ilmiah pada hari itu disampaikan oleh tokoh muda Sumatera Barat, Vasco Ruseimy, yang memberikan inspirasi bagi para lulusan. (Ab/ Nis/ Utr/ Humas UNP)






Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah