Berita

Pelatihan Gamifikasi Tingkatkan Kualitas Pembelajaran di Nagari Malai V Suku Timur: Dukung Capaian SDGs di Bidang Pendidikan dan Kemitraan

Sabtu, 26 Juli 2025 Humas UNP - Siti Sarah 612

Padang Pariaman, 25 Juli 2025 — Dalam rangka mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs), khususnya SDGs 4: Pendidikan Berkualitas dan SDGs 17: Kemitraan untuk Mencapai Tujuan, dosen-dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Padang melaksanakan kegiatan Pelatihan Gamifikasi untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran bagi Tenaga Pendidik di Nagari Malai V Suku Timur. Kegiatan ini merupakan bagian dari Program Pengabdian kepada Masyarakat Skema Pengabdian Integrasi Prodi dan Nagari (PIPN) dan dilaksanakan selama dua hari, yakni pada tanggal 24–25 Juli 2025, bertempat di SMP Negeri 1 Batang Gasan, Kabupaten Padang Pariaman.

Ketua pelaksana kegiatan, Dr. Dadi Satria, M.Pd., dalam sambutannya menegaskan bahwa pelatihan ini dirancang untuk membekali para guru dengan keterampilan praktis dalam memanfaatkan teknologi digital berbasis gamifikasi. Inovasi pembelajaran melalui aplikasi digital menjadi salah satu langkah penting dalam menciptakan pengalaman belajar yang interaktif, menarik, dan relevan dengan kebutuhan siswa abad ke-21. Hal ini juga sejalan dengan semangat SDGs 4, yaitu memastikan pendidikan inklusif dan berkualitas serta mendukung kesempatan belajar sepanjang hayat.

Kegiatan ini mendapat sambutan hangat dari Kepala SMP Negeri 1 Batang Gasan, Nofrizal, S.Pd. Fis., M.M., yang menyampaikan apresiasi kepada tim dosen UNP. Dalam sambutannya, ia menyatakan bahwa pelatihan seperti ini sangat dibutuhkan oleh para guru, khususnya di daerah, untuk memperkaya metode dan strategi pembelajaran. Ia juga berharap agar kerja sama ini dapat terus berlanjut secara berkelanjutan sebagai bentuk kemitraan antara institusi pendidikan tinggi dan masyarakat, sebagaimana semangat yang diusung dalam SDGs 17.

Sebanyak 15 orang guru dari SMP Negeri 1, 2, dan 3 di Nagari Malai V Suku Timur mengikuti pelatihan ini secara aktif. Mereka dibekali dengan berbagai materi yang berfokus pada pemanfaatan aplikasi edukatif berbasis gamifikasi untuk mendukung proses belajar-mengajar. Materi pertama berjudul “Pelatihan Quizizz untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran bagi Tenaga Pendidik di Nagari Malai V Suku Timur Kabupaten Padang Pariaman” disampaikan oleh Ayu Gustia Ningsih, M.Pd. Materi kedua tentang “Pelatihan Wordwall” dibawakan oleh Dr. Nursaid, M.Pd., dan materi ketiga “Pelatihan Canva” disampaikan oleh Dr. Dewi Syafrina, S.Pd., M.Pd.

Selama pelatihan, peserta tidak hanya menerima teori, tetapi juga langsung mempraktikkan penggunaan ketiga aplikasi tersebut dalam merancang game edukatif yang dapat diaplikasikan dalam proses pembelajaran sehari-hari. Melalui pendekatan ini, para guru didorong untuk lebih kreatif dan inovatif, serta mampu menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan dan efektif.

Kegiatan ini juga turut melibatkan dua orang mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, yakni Nur Husna Putri dan Iflah Liidaini, yang berperan aktif dalam mendukung pelaksanaan kegiatan di lapangan. Partisipasi mahasiswa ini menjadi bagian dari proses pembelajaran berbasis pengabdian sekaligus memperkuat keterlibatan generasi muda dalam membangun pendidikan berkualitas di daerah.

Dengan semangat kolaboratif antara dosen, mahasiswa, dan masyarakat, pelatihan ini menjadi salah satu langkah konkret dalam mendukung pembangunan pendidikan yang berkelanjutan. Melalui pemanfaatan teknologi dalam gamifikasi pembelajaran, diharapkan para guru mampu menghadirkan inovasi dalam kelas yang berdampak langsung pada peningkatan kualitas pembelajaran. Ini adalah bagian dari kontribusi nyata perguruan tinggi dalam menjawab tantangan pendidikan masa kini melalui kerja sama dan komitmen bersama menuju pencapaian SDGs 4 dan SDGs 17. (AGN) #SDGs #SDGs4 #SDGs17 #qualityeducation #partnershipforthegoals #unp #universitasnegeripadang #beritaunp #kampusberdampak #diktisaintekberdampak