Berita

Subuh Mubarak Universitas Negeri Padang Pagi Ini: Menjadi Manusia Ulul Albab

Jumat, 26 Juli 2024 Humas UNP - Siti Sarah 908

PADANG - Sivitas akademika Universitas Negeri Padang diharapkan dapat memenuhi kewajiban tridarma perguruan tinggi untuk memajukan universitas ini. Untuk itu, Universitas Negeri Padang akan memanfaatkan teknologi informasi digital dalam berbagai aktivitas.

Demikian disampaikan oleh Rektor Universitas Negeri Padang, Krismadinata, Ph.D. dalam sambutannya pada kegiatan Subuh Mubarak yang dilaksanakan secara luring pada Jumat (26/7) bertempat di Masjid Raya Al-Azhar Kampus UNP Air Tawar Padang dan secara daring melalui zoom meeting. Kegiatan Subuh Mubarak pada Jumat pagi ini diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Padang.

Kegiatan Subuh Mubarak yang diselenggarakan setiap Jumat pagi dihadiri oleh Rektor, Wakil Rektor, Kepala Lembaga, Kepala Biro, Kepala UPT, Dekan, Wakil Dekan, Ketua Departemen, Koordinator Program Studi, dosen, tenaga kependidikan dan sivitas akademika Universitas Negeri Padang.

Dalam sambutannya, Rektor Ir. Krismadinata, S.T., M.T., Ph.D.,menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Ustaz Dr. Halomoan, M.Pd. yang telah bersedia sebagai penceramah pada kegiatan Subuh Mubarak bertempat di Masjid Raya Al-Azhar Kampus UNP Air Tawar Padang.

Ustaz Dr. Halomoan, M.Pd. dalam ceramahnya dengan topik "Menjadi Manusia Ulul Albab" menyampaikan bahwa ulul albab bukan hanya bermakna cerdas tetapi juga berarti memiliki hati yang tajam.

"Kalimat atau kata ulul albab itu ditemukan di dalam Alquran sebanyak 16 kali dalam beberapa surat dan ayat yang berbeda," jelas Ustaz Dr. Halomoan, M.Pd.

Lebih lanjut Ustaz Dr. Halomoan, M.Pd. menyampaikan bahwa hanya dengan ulul albab yang dapat menangkap dan memahami rahasia penciptaan alam jagat raya ini oleh Allah.

"Ulul albab adalah orang-orang yang berzikir kepada Allah dan orang-orang yang berzikir akan tajam berpikirnya," tambah Ustaz Dr. Halomoan, M.Pd.

Pada kesempatan Ustaz Dr. Halomoan, M.Pd. juga menyampaikan bahwa ulul albab adalah orang-orang yang selalu mendalami ilmunya.

"Ulul albab adalah juga orang-orang yang mampu membedakan antara yang baik dengan yang buruk, antara yang hak dan yang batil serta mampu memilih yang baik dan yang hak tersebut," tukuk Ustaz Dr. Halomoan, M.Pd.

Selain itu, Ustaz Dr. Halomoan, M.Pd. juga menjelaskan bahwa ulul albab adalah juga orang-orang yang selektif dalam memilih yang terbaik dalam berbagai pilihan dan juga orang-orang yang hanya takut kepada Allah. (ET) berita dikutip dari https://www.beritaminang.com/

Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah