Berita

UNP Gelar Pelatihan Pemandu Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (PP-LKMM)

Jumat, 4 Oktober 2024 Humas UNP - Siti Sarah 802

Padang – Direktorat Alumni dan Kemahasiswaan Universitas Negeri Padang (UNP) menggelar Pelatihan Pemandu Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (PP-LKMM) di Hotel UNP pada 4–6 Oktober 2024. Pelatihan ini diikuti oleh 46 peserta yang terdiri dari dosen di lingkungan kampus utama UNP serta dari Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU).  

Dr. Asep Sujana Wahyuri, S.Si., M.Pd., Direktur Alumni dan Kemahasiswaan UNP, dalam laporannya menekankan pentingnya tata kelola kemahasiswaan yang baik. "Untuk mengelola mahasiswa, kita perlu sumber daya yang memiliki bekal keterampilan manajemen yang memadai. Mahasiswa, sebagai agen perubahan, bisa menjadi masalah jika tidak mampu memanajemen diri dan organisasinya," ungkapnya.  

Sementara itu, Dr. Budi Utomo Kukuh W, ME, dosen Universitas Katolik Darma Cendika yang bertindak sebagai salah satu pemateri, menjelaskan bahwa kegiatan pelatihan ini telah berlangsung selama puluhan tahun dan diadakan secara berjenjang di tingkat nasional. "Pelatihan ini sudah dirancang cukup lama, dengan berbagai dasar pemikiran, dan terus dilaksanakan sebagai upaya pengembangan kapasitas manajemen mahasiswa," paparnya.  

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Dr. Refnaldi, S.Pd., M. Litt., yang membuka acara, menyoroti jumlah mahasiswa aktif UNP yang kini mencapai 60.000, termasuk mahasiswa PPG, tersebar di 10 lokasi kampus. "Meskipun kegiatan utama universitas adalah akademik, kegiatan non-akademik, khususnya kemahasiswaan, juga sangat penting. Dengan jumlah mahasiswa yang besar, jika dikelola dengan baik, ini akan menjadi potensi yang sangat positif bagi universitas," tegasnya.  

Para pemateri yang turut memberikan materi dalam pelatihan ini antara lain:

Prof. Dr. Rimbawan, Guru Besar dari Departemen Gizi Masyarakat FEMA IPB. 

Dr. Budi Utomo Kukuh W, ME, Dosen Universitas Katolik Darma Cendika. 

Ayu Asmah, M.Pd., Kepala Pusat Pengembangan Potensi Mahasiswa UNIKAMA. 

Acara ini juga dihadiri oleh Wakil Rektor II Bidang Umum dan Keuangan, Prof. Dr. Ir. Remon Lapisa, S.T., M.T., M.Sc., para Wakil Dekan I di lingkungan UNP, serta Kasubdit Organisasi dan Kesejahteraan Mahasiswa, Jumargus, S.Pd. (ab/Humas)



Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah