Berita

UNP Gelar Kuliah Umum Bersama Sekjen Kemenaker dan Dekan FPP

Rabu, 25 Oktober 2023 Humas UNP - Siti Sarah 356


Padang  - Universitas Negeri Padang (UNP) menggelar Kuliah Umum bersama Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Sekjen Kemenaker RI) Prof. Anwar Sanusi, Ph.D di Auditorium UNP, Rabu (25/10/2023) siang.

Kuliah umum yang mengusung tema 'Tantangan dan Dinamika Ketenagakerjaan di Era Digital' ini dibuka langsung oleh Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D dan diikuti oleh lebih kurang 4.000 Mahasiswa UNP dari berbagai fakultas.

Prof. Ganefri dalam sambutannya mengapresiasi Sekjen Kemenaker yang telah bersedia memberikan kuliah umum di UNP. Rektor juga menyampaikan terimakasih kepada para mahasiswa yang hadir dalam kuliah umum kali ini. Menurutnya kuliah umum ini harus dimanfaatkan oleh para mahasiswa untuk memperluas wawasan sehingga dapat memberi motivasi bagi mahasiswa untuk menyelesaikan studinya tepat waktu. 

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa perkembangan digital menjadi tantangan sendiri bagi dunia pendidikan "perkembangan teknologi awalnya dianggap distrack, gangguan, namun di era sekarang pascacovid menjadi sesuatu yang dibutuhkan di dunia pendidikan dan bahkan lapangan pekerjaan," ungkap Rektor. 

Selain bersama Prof, Anwar Sanusi, kuliah umum yang dipandu oleh moderator Prof. Dr. Remon Lapisa, S.T, M.T, S.Sc yang merupakan Sekretaris Badan Penjamin Mutu Internal ini juga diisi oleh Dekan Fakultas Pariwisata dan Perhotelan (FPP) UNP Prof. Asmar Yulastri, Ph.D.

Dalam kuliah umum ini Pof. Anwar Sanusi memaparkan bagaimana kualitas tenaga kerja di Indonesia dimana penduduk Indonesia masih cenderung bergerak pada bentuk-betuk pekerjaan yang kurang produktif. Ia juga memaparkan mengenai kondisi pengangguran di Indonesia.

"Era digital saat ini mendorong perkembangan hubungan kerja yang semakin fleksibel, hal ini menemukan momentumnya seiring dengan besarnya penduduk generasi Milenial dan Z Indonesia," tambahnya.

Sementara Prof. Asmar Yulastri menyampaikan bahwa era digital telah membawa perubahan besar dalam berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk dalam dunia kerja. Transformasi digital telah mengubah cara mencari pekerjaan, bekerja, dan bahkan cara berinteraksi dengan rekan kerja.

Pantauan Humas UNP di Lapangan, para mahasiswa terlihat sangat antusias mengikuti kuliah umum ini. Hal ini terlihat banyaknya mahasiswa yang ikut berpartisipasi dalam sesi tanya jawab kuliah umum.

Turut hadir dalam acara ini, Kepala Pusat Pasar Kerja, Kepala Balai Padang, Koordinator SDM Pusat Pasar Kementerian Ketenagakerjaan beserta rombongan, Wakil Rektor, Sekretaris Universitas, Dekan dan Wakil Dekan, Direktur dan Wakil Direktur Sekolah Pascasarjana, Direktur dan Wakil Direktur Sekolah Vokasi, Ketua Lembaga, Kepala Biro, Kepala Badan, Kepala UPT, Kepala Departemen Selingkungan UNP serta para Dosen. (utr/Humas UNP) 


Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah