Berita

Pelaksanaan Kegiatan Krida Mahasiswa Baru FMIPA UNP

Selasa, 24 November 2020 Humas UNP - Siti Sarah 1186

Pembukaan kegiatan Krida bagi mahasiswa baru FMIPA UNP dilaksanakan pada Sabtu, 17 Oktober 2020 oleh Wakil Rektor 3 UNP bapak Drs. Hendra Syarifuddin, M.Si, Ph.D. Acara pembukaan Krida ini diikuti oleh 1368 orang mahasiswa baru FMIPA UNP melalui zoom meeting dan youtube. Dalam sambutannya, Wakil Rektor 3 UNP mengatakan bahwa mahasiswa baru seyogyanya mengikuti dengan serius kegiatan ini karena akan berdampak positif terhadap mahasiswa. Di akhir sambutannya, WR3 UNP juga menghimbau mahasiswa FMIPA untuk memanfaatkan kegiatan Krida dalam mengembangkan bakat mahasiswa baik dalam bidang akademik dan penalaran, maupun dalam bidang olehraga serta seni. 


Sebelum sambutan dari WR3, Dekan FMIPA Dr. Yulkifli, M.Si juga menyampaikan tentang manfaat dari kegiatan Krida Mahasiswa ini. Dengan memanfaatkan ilmu yang diperoleh pada saat krida ini, mahasiswa akan berkembang soft skill dan. hard skillnya. Di samping itu, dekan FMIPA juga menyampaikan agar panitia Krida Mahasiswa agar dapat bekerja secara sinergis sehingga tujuan mulia dari Krida ini dapat dicapai dengan baik. 
 
Kegiatan Mingguan 
Kegiatan krida mahasiswa ini dilaksanakan dalam 4 minggu atau 4 kali pertemuan yang dilaksanakan setiap hari Sabtu. Untuk pertemuan pertama dilaksanakan hari sabtu tanggal 17 Oktober 2020 ini. Kegiatan Krida minggu pertama ini diawali dengan ceramah agama ang disampaikan oleh Drs. Ardi, M.Si yang lebih dikenal dengan sebutan Buya Ardi. Buya Ardi menyampiakan materi tentang Ulil Albab yang lebuh dikenal dengan istilah pemikir. Buya berharap sebagai mahasiswa baru FMIPA agar dapat menjadi Ulil Albab. 
Materi kedua disampaikan oleh Dr. Elsa Yunarti, S.Ked., Biomed., AIFO-K yang sehari-hari bertugas sebagai dosen Biologi FMIPA UNP. Dr. Elya menyampaikan materi tentang Cara meningkatkan Imun Tubuh dalam masa Pendemik Covid 19. Di awal penyampaiannya, Dr. Elsa (begitu panggilan beliau sehari-hari) menjelaskan tentang tata cara penyebaran Virus Covid 19. Selanjutnya beliau menyampaikan bagaimana cara mengurangi penyebaran virus tersebut, baik itu memakai masker, cuci tangan dengan sabun, jaga jarak (sosial ditandcing). Pada akhir penyampaiannya, Dr. Elsa menyampaikan bagaimana cara menjaga imun tubuh yang sanagt diperlukan bagi pasien yang sudah tertular virus corona.

 
Pada bagain akhir dari acara krida ini, materi disampaikan oleh Dra. Iryani, M.Si dan Tim tentang Pengelolaan rempah-rempah menjadi minuman yang berguna untuk meningkatkan imun tubuh. Menurut bu Ir, begitu sebutan sehari-hari dosen Jurukan Kimia FMIPA UNP ini, rupanya banyak sekali bumbu dapur yang dapat digunakan sebagai bahan minuman u tuk menjaga imun tubuh, seperti Jahe, Lengkuas (Laos), Kayu Secang, Kunyit Jeruk Nipis, Serei, dan lain sebagainya. 
 
Kegiatan Krida mahasiswa FMIPA UNP untuk hari Sabtu ini diakhiri dengan pengarahan dari WD 3 FMIPA (Dr. Irwan, M.Si) untuk kegiatan Krida untuk Hari Sabtu, 24 Oktober 2020. Dr. Irwan menyampiakan agar mahasiswa lebih aktif lagi pada kegiatan Krida berikutnya. Harus banyak bertanya dan manfaatkan ilmu-ilmu yang disampaikan oleh pemateri.(FMIPA UNP/Humas UNP)



Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah