Berita

Resmi Dibuka, Departemen Pendidikan Olahraga UNP Gelar KMD bagi Mahasiswa

Senin, 24 Juni 2024 Humas UNP - Siti Sarah 1650

Padang - Departemen Pendidikan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Padang (UNP) menggelar Kursus Mahir Pembina Pramuka Tingkat Dasar (KMD) bagi mahasiswa yang berlangsung 24-30 Juni 2024. 

Acara yang dibuka langsung Dekan FIK UNP, Prof. Dr. Nurul Ihsan, M.Pd dan Wakil Ketua Organisasi dan Keanggotaan (Orgakum) Kwartir Cabang (Kwarcab) 09 Kota Padang Afriadi itu dilaksanakan di Sport Centre Kampus II FIK UNP, Senin (24/6/2024).

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Nurul Ihsan mengungkapkan kebanggaannya terhadap inisiatif pelaksanaan KMD ini. "Kegiatan ini sangat penting untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan dan pengetahuan dasar dalam pembinaan Pramuka. Kami berharap melalui KMD ini, mahasiswa dapat menjadi pembina Pramuka yang kompeten dan berdedikasi," ujarnya. 

Disamping itu Dekan Fakultas berharap kegiatan ini tidak hanya sampai dasar saja namu ada lanjutannya yaitu Kursus Mahir Lanjut. 

Sementara itu, Wakil Ketua Organisasi dan Keanggotaan (Orgakum) Kwartir Cabang (Kwarcab) 09 Kota Padang yang kerap disapa Kak Afriadi menekankan peran vital pembina dalam membentuk karakter dan jiwa kepemimpinan anggota Pramuka. "Dengan mengikuti KMD ini, kalian akan mendapatkan bekal yang sangat berharga untuk menjadi pembina yang mampu membimbing dan menginspirasi anggota Pramuka.

Selama kegiatan ini, para peserta akan mendapatkan materi tentang sejarah dan filosofi Gerakan Pramuka, keterampilan kepemimpinan, teknik permainan, serta keterampilan outdoor. Selain itu, mereka akan dilatih untuk merancang dan melaksanakan program kegiatan Pramuka yang kreatif dan inovatif.

Salah satu momen penting dalam acara pembukaan ini adalah penandatanganan kerjasama antara Kwarcab 09 Kota Padang dengan FIK UNP. Penandatanganan ini dilakukan oleh Kak Afriadi dan Prof. Dr. Nurul Ihsan, yang menandai dimulainya kolaborasi yang lebih erat antara kedua lembaga dalam pengembangan kegiatan kepramukaan.

Dengan dibukanya Kursus Mahir Pembina Tingkat Dasar ini, diharapkan mahasiswa Departemen Pendidikan Olahraga FIK UNP dapat menjadi pembina Pramuka yang berkompeten dan berkontribusi positif dalam perkembangan Gerakan Pramuka di Kota Padang dan sekitarnya.

Turut tampak hadir dalam acara pembukaan tersebut Wakil Dekan I, Dr. Padli, M.Pd, dan Wakil Dekan II, Prof. Dr. Muhammad Sazeli Rifki, M.Pd, dan kepala departemen pendidikan olahraga Dr. Aldo Naza Putra, MPd.






Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah