Berita

Subuh Mubarak Universitas Negeri Padang Pagi Ini: Perspektif Alquran tentang Zoologi

Jumat, 24 Mei 2024 Humas UNP - Siti Sarah 665

PADANG - Walaupun dalam suasana libur, sivitas akademika Universitas Negeri Padang tetap melakukan kegiatan keagamaan Subuh Mubarak yang diselenggarakan baik secara luring maupun secara daring. Untuk itu, Pimpinan Fakultas Ilmu Sosial mengucapkan terima kasih kehadiran sivitas akademika baik luring maupun daring.

Demikian disampaikan oleh Rektor Universitas Negeri Padang yang diwakili oleh Wakil Dekan I Fakultas Ilmu Sosial, Dr. Hasrul Piliang, M.Di. dalam sambutannya pada kegiatan Subuh Mubarak yang dilaksanakan secara luring pada Jumat (24/5) bertempat di Masjid Raya Al-Azhar Kampus UNP Air Tawar  Padang dan secara daring melalui zoom meeting. Kegiatan Subuh Mubarak pada Jumat pagi ini diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri  Padang.

Kegiatan Subuh Mubarak yang diselenggarakan setiap Jumat pagi dihadiri oleh Rektor, Wakil Rektor, Kepala Lembaga, Kepala Biro, Kepala UPT, Dekan, Wakil Dekan, Ketua Departemen, Koordinator Program Studi, dosen, tenaga kependidikan dan sivitas akademika Universitas Negeri Padang.

Dalam sambutannya, Rektor Prof. Ganefri, Ph.D. menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Ustaz Prof. Dr. Saifullah, S.A., M.A. dosen Fakultas Hukum Universitas Andalas yang telah bersedia sebagai penceramah pada kegiatan Subuh Mubarak bertempat di Masjid Raya Al-Azhar Kampus UNP Air Tawar  Padang.

Ustaz Prof. Dr. Saifullah, S.A., M.A. dalam ceramahnya dengan topik "Perspektif Alquran tentang Zoologi" menyampaikan bahwa berkaitan dengan topik ceramah dapat ditilik adanya sebanyak 25 nama hewan yang terdapat atau disebut Allah di dalam Alquran.

"Artinya kita perlu memelihara dan membutuhkan makhluk lain seperti hewan. Alhamdulillah Universitas Negeri  Padang sudah mulai membuka Program Studi Kedokteran Hewan," tambah Ustaz Prof. Dr. Saifullah, S.A., M.A.

Lebih lanjut kata Ustaz Prof. Dr. Saifullah, S.A., M.A., kebutuhan hewan juga berkaitan dengan ibadah kurban dalam agama Islam dan berkaitan dengan ibadah kurban, umat Islam juga berkewajiban memelihara hewan kurban tersebut.

"Umat Islam diharapkan menjadi produsen binatang ternak yakni dengan memelihara binatang ternak untuk kurban. Ini berkaitan juga dengan gerakan ekonomi. Kita umat Islam jangan hanya menjadi konsumen tetapi harus menjadi produsen untuk hewan kurban tersebut," tambah Ustaz Prof. Dr. Saifullah, S.A., M.A. (ET) berita dikutip dari beritaminang.com

Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah