Berita

Dosen BK FIP UNP Lakukan Pengabdian Masyarakat Tentang Pencegahan Pelecehan Seksual

Jumat, 22 September 2023 Humas UNP - Siti Sarah 905

Sebagai bentuk program kemitraan masyarakat, sebanyak 3 orang Dosen BK FIP UNP melaksanakan Program pengabdian masyarakat di UPTD SD N 09 Pangkalan di Kecamatan Pangkalan Koto Baru Kabupaten Limapuluhkota. Tim yang diketuai oleh Indah Sukmawati, M. Pd., Kons ini melaksanakan PKM dengan judul Pelatihan Edukasi Keluarga untuk Pencegahan Pelecehan Seksual terhadap Anak di Kenagarian Pangkalan Kecamatan Pangkalan Koto Baru Kabupaten Limapuluhkota, dengan melibatkan 28 orangtua siswa kelas Tinggi (kelas IV-VI) di SD N 09 Pangkalan. 

Dikonfirmasi oleh tim humas, pelaksanaan pengabdian kali ini membawa tiga orang dosen yakni Indah Sukmawati, M. Pd., Kons,  Dr. Miftahul Fikri, M. Pd., Gusni Dian Suri, M. Pd dan 1 Orang Asisten Dosen yakni Yessa Maulida, M. Pd., Kons. Acara ini langsung dibuka oleh Dekan FIP UNP, Prof. Dr. Afdal, M. Pd., Kons pada 22 September 2023. 

Dalam sambutannya, Dekan FIP UNP menyampaikan bahwasanya program ini adalah program kemitraan yang sangat bagus dan bermanfaat bagi masyarakat, untuk penanggulangan dan pencegahan kasus pelecehan seksual pada anak. Kegiatan ini juga disambut positif oleh guru dan orangtua siswa, dan mengharapkan kegiatan kegiatan seperti ini dapat diselenggarakan secara berkesinambungan, demikian diungkapkan oleh Fitra Murni, S. Pd. I, Kepala UPTD SD N 09 Pangkalan. 

Berbagai materi edukasi disampaikan cukup menarik oleh ketiga pemateri dengan fokus pada pengenalan pelecehan seksual, dampak pelecehan seksual, model edukasi berbasis social support system dan upaya pencegahan pelecehan seksual. Dalam kegiatan ini juga akan diinisiasi program percontohan untuk menjadikan SD N 09 Pangkalan sebagai Sekolah Binaan FIP UNP dalam upaya pencegahan pelecehan seksual dengan model edukasi keluarga berbasis social support system.


Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah