Berita

Ketua MRPTNI 2022-2024 Prof. Ganefri Laporkan Pelaksanaan Organisasi dan Pertanggungjawaban SNPMB 2024 Pada Mendikbudristek RI

Jumat, 18 Oktober 2024 Humas UNP - Siti Sarah 516

Padang-- Prof. Ganefri, Ph.D sebagai Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) 2022-2024 dan ketua penanggung jawab SNPMB 2024 menyerahkan laporan pelaksanaan kepada Menteri Dikbudristekdikti Nadiem Makarim Jumat 18 Oktober 2024 di Auditorium Kemendikbud RI Senayan Jakarta. Kegiatan ini adalah kegiatan Evaluasi Pelaksanaan Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru. Dalam kegiatan ini juga hadir Dirjen Dikti Prof. Dr.rer.nat Abdul Haris, juga didampingi Plt Ketua MRPTNI Prof. Dr. Ir Eduar Wolok, S.T, M.T, Sekjen Prof. Dr. Rina Indiasturi, SE, M. SIE (UNPAD) dan beberapa orang Rektor PTN sebagai tim panitia.

Ketua MPRTNI/ Ketua Penanggung Jawab SNPMB 2024Prof. Ganefri, Ph.D mengatakan “ Pelaksanaan SNPMB 2024 sudah selesai dan kita telah bekerja dengan maksimal dan juga ada terobosan-terobosan, selain itu bahwa semangat pelaksanaan SNPMB 2024 adalah akuntabilitas, transparansi dan berkeadilan. 

Namun pada pelaksanaan SNPMB 2024, terdapat sejumlah perubahan pada mekanismenya yang bertujuan untuk mendorong peserta didik fokus mengenali bakat, minat, aspirasi karir dan bertanggung jawab terhadap pilihan yang diambilnya. Tahun ini pelaksanaan SNPMB dengan jalur Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) akan digelar juga di daerah terpencil, untuk memberikan kemudahan bagi peserta UTBK dalam mengikuti seleksi ini. Selain di Kepulauan Sangihe dan Talaud, UTBK juga akan digelar di Pulau Nias, Kepulauan Anambas, Mentawai, Kota Tual, dan Kepulauan Tanimbar di Maluku.

“Artinya panitia akan berikan akses ke wilayah-wilayah yang sulit akses ke PTN terdekat untuk lokasi ujiannya Mendikbudristek RI Nadiem Anwar Makarim, mengatakan“ pemerintah berterimakasih atas hasil dan kinerja tim panitia SNPMB 2024, dan banyak terobosan dan inovasi yang dilakukan oleh tim, dan kita terus melakukan evaluasi dari mekanisme dan program, serta mengkaji lagi persoalan yang muncul dan yang belum efektif, sehingga pelaksanaan SNPMB tahun 2025 berjalan lebih baik efektif dan efesien serta memberi kemudahan bagi peserta”.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari 17-18 Oktober2024, dan diikuti oleh panitia penyelanggara di tingkat pusat (kementerian) dan wakil dari PTN pelaksana dari seluruh Indonesia, serta membahas berbagai wacana tau ide ke depan untuk pelaksanaan SNPMB (Er/ HumasUNP)








Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah