Berita

Ketua DPD RI Memberikan Orasi Ilmiah Pada Wisuda Hari Pertama UNP

Senin, 21 Desember 2020 Humas UNP - Siti Sarah 632

Padang-- Universitas Negeri Padang menggelar wisuda periode ke 121 secara luring dan daring di Auditorium UNP, Kampus Air Tawar, Kota Padang, Sabtu-Senin (19-21/12/2020). 

Pada kesempatan ini, Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia, Ir. Lanyalla Mahmud Mattalitti memberikan orasi ilmiah secara virtual di hadapan para wisudawan/ti UNP. Ketua DPR RI menyampaikan bahwa wisuda UNP hari ini bertepatan dengan peringatan hari bela negara, dengan tema “Peran DPD RI dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ir. Lanyalla menekankan bahwa kedepan kompetisi antar bangsa tidak hanya lagi berdasarkan keunggulan komperatif dalam hal ini Sumber Daya Alam (SDA) melainkan telah bergeser keunggulan kompetitif yakni Sumber Daya Manusia (SDM) artinya pendidikan nasional harus diarahkan untuk membangun karakter anak didik, karna karakter setiap anak didik akan menentukan karakter bangsa. 

Dalam Orasi Ilmiahnya, Ketua DPD RI juga menyampaikan bahwa peran institusi pendidikan selain menjadi agent of education juga merupakan agent of economic development. Peran institusi pendidikan teramat penting bagi pembangunan yang ada di daerah misalnya, dalam mengawal program-prpogram pembangunan di daerah atau desa yang terletak di lingkungan insititusi pendidikan tersebut. Desa dengan keragaman  entitas sosial, ekonomi, politik, dan karakterisitik budayanya telah menjadi sentral pembangunan saat ini. Salah satu contoh mengimplementasikan Tridharma pendidikan tinggi, pihak perguruan tinggi dapat membuat Agro Techno Park di daerah atau di desa setempat. Hal ini bertujuan untuk menciptakan pusat pertemuan aktifitas produk olahan daerahya setempat sebagai sentral inovasi dan pusat pelatihan serta peciptaan pekerjaan yang layak di daerah tersebut . Selian tu, penelitian yang dilakukan perguruan tinggi tidak boleh berhenti setelah publikasi, prototype atau hak paten , namun harus dikembangkan dan dikerjasamakan dengan pemerintah daerah atau jejaring lainnya agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat seutuhnya

Diakhir orasi, Ketua DPD RI berharap kepada seluruh wisudawa/ti dan seluruh civitas akademik dapat terus meningkatkan kualitas mutu pendidikan dan mampu meluluskan lulusan yang memiliki sertifikat kompetisi kedepan dengan kebutuhan pembangunan di masa depan. (Humas UNP) 


Share:

Akademik Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah