Berita

Kepala Puslitbang BIN Berikan Kuliah Umum Di PKKMB UNP 2023

Jumat, 18 Agustus 2023 Humas UNP - Siti Sarah 502


Padang –PKKMB UNP 2023 turut diramaikan dengan kedatangan Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Badan Intelijen Negara (BIN) Dr. rer. nat. Armi Susandi, M.T. yang juga merupakan dosen tetap ITB. 

Putra asli ranah minang dari Agam ini memberikan Kuliah Umum kepada Mahasiswa Baru Gugus di PKKMB UNP 2023 pada Jum'at (18/8) dengan judul Sistem informasi Kebencanaan dan Ketahanan Nasional. Dalam paparannya, Armi Susandi menjelaskan “BIN harus mengetahui daerah potensi bencana alam, dengan melakukan prediksi kapan terjadi bencana alam. BIN mempunyai teknologi lebih canggih mungkin belum pernah kita lihat secara umum”.

Selanjutnya, “Prinsip masyarakat minang dalam mitigasi bencana yaitu, panakiak pisau sirauik,kegalah batang lintabuang, solodang ambiak ka nyiru, nan satitiak jadiakan lauik, sakapa jadikan gunuang, alam takambang jadi guru. Artinya ada penekanan pada harmonisasi antar kehidupan masyarakat dengan alam”.

Armi meneruskan, “Dalam memberikan informasi kebencanaan berbentuk inovasi teknologi digital untuk mengefektifkan aksi dini kesiagaan bencana dalam menjaga ketahanan nasional. BIN memerlukan kerjasama segala lini di tengah masyarakat. Bertujuan untuk keberlangsungan kehidupan bernegara yang damai,” pungkas Armi 

Acara pembukaan Gugus IKI PKKMB UNP 2023 ini dibuka oleh Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D, serta dihadiri oleh Ketua MWA Prof. Dr. H. Z. Mawardi Effendi, M.Pd, Ketua Senat UNP Prof. Dr. Lufri, MS, serta seluruh jajaran pimpinan UNP. (Ul/Humas UNP) 





Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah