Berita

Mahasiswa Geografi lulus Pendanaan PPK ORMAWA melakukan Budidaya Lembah Madu di Mentawai

Rabu, 16 November 2022 Humas UNP - Siti Sarah 355

Padang— Desa muara sikabaaluan kecamatan siberut utara menyimpan potensi pertanian dan kehutanan yang sangat melimpah, nyatanya masih banyak permasalahan di Desa Muara Sikabaluan. Berdasarkan observasi di lapangan, terdapat banyak lahan pertanian yang masih terbengkalai, hal ini menunjukan pemanfaatan lahan yang belum optimal. Selain itu, masyarakat mengumpulkan madu hutan dengan tidak menerapkan konsep berkelanjutan. Berdasarkan hasil observasi, cara kerja masyarakat saat mengumpulkan madu hutan masih sangat tradisional. Mereka mencari madu dengan memotong seluruh sarang lebah. Sistem panen dengan memotong seluruh sarang sebenarnya sangat tidak menguntungkan, ucap, Rendy Prayoga, Senin (8/8), selaku Ketua Tim PPK Oramawa Geografi UNP.


“Dengan adanya PPK Ormawa maka pengambilan madu hutan itu dapat dilakukan dengan budidaya madu yang berkelanjutan sebagai upaya peningkatan ekonomi masyarakat, meningkatkan  pengetahuan masyarakat mengenai penyebaran potensi hutan desa” ucapanya


Ia juga mengatakan, untuk pelaksanaannya dengan metode pemberdayaan masyarakat dengan menggunakan metode partisipasi. Masyarakat akan berpartisipasi dan terlibat langsung bersama nahasiswa dalam proses implementasi program. Pelaksanaan dilakukan langsung dilapangan dan mahasiswa di bekali pelatihan orang yang ahli dalam budidaya lebah madu.


“Seperti inspirator Lebah Madu Indoesia Sumatera Barat disingkat menjadi ILMI SUMBAR msebagai tempat pelatihan dalam pelaksanaan budidaya lebah madu dan kita sudah mendatangkan ketua ILMI sumbar ke lokasi tempat budidaya lebah madu di Mentawai”


Lebih lanjut ia katakan implementasinya dilapangan dapat respon yang baik dari masyarakt muara sikabaluan dan mereka dapat ilmu dalam pelaksanaan budaya madu yang berkelanjutan diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat desa Muara Sikabaluan.


Program penguatan kapasitas organisasi kemahasiswa adalah suatu penguatan kapasitas organisasi mahasiswa melalui serangkain proses pembinaan ormawa oleh Perguruan tinggi yang di implementasikan dalam program pengabdian dan pemberdayaan. Organisasi Mahasiswa departemen geografi telah lulus seleksi dan di biayai untuk program pengabdiaan masyarakat dan pemberdayaan. Program PPK ORMWA Geografi salah satunya yaitu budaya lebah madu yang dilaksanakan di desa muara sikabaluan kecamatan siberut urata, Kabupaten Kepulauan Mentawai. (Nur Falah/ Humas UNP)

Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah