Berita

UNP Serahkan Mahasiswa PLK - Asistensi Mengajar Semester Januari sampai Juni 2023

Rabu, 15 Februari 2023 Humas UNP - Siti Sarah 1085

Padang-- Kegiatan Sosialisasi, Temu Mitra dan Serah Terima mahasiswa ini merupakan rangkaian kegiatan dalam pengelolaan Program Praktik Lapangan Kependidikan (PLK) - Asistensi Mengajar Semester Januari - Juni 2023. 

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Rektor III, Kepala LP3S, Ka. Pusbang PPL, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat, Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang, Kemenag Kota Padang, Dekan se UNP dan 74 Kepala Sekolah dan Madrasah Mitra di Ruang Senat Gedung Rectorate and Research Center UNP Rabu (15/2). 

Dalam laporanNya, Ka. Pusbang PPL Muhammad Adri, S.Pd, MT  menyampaikan bahwa jumlah total mahasiswa PLK semester Januari - Juni 2023 ini sebanyak 617 mahasiswa dan masih terkonsentrasi penempatannya di Kota Padang sebanyak 555 mahasiswa. 

Kegiatan PLK - Asistensi Mengajar di Kota Padang, melibatkan 74 sekolah/ madrasah dari semua jenjang pendidikan, mulai dari TK/ PAUD hingga SMA/ SMK dan MA.

Lebih jauh Ketua LP3S Prof. Dr. Jamaris, M.Pd menyampaikan bahwa sehubungan dengan adanya perubahan status UNP dari BLU dan PTNBH maka terjadi perubahan-perubahan kebijakan di UNP termasuk pengelolaan PLK-Asistensi Mengajar ini, dengan memberikan batasan kuota sekolah, agar terjadi pemerataan distribusi mahasiswa, sehingga tidak terkonsentrasi di Kota Padang.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor III menyampaikan bahwa Program PLK-Asistensi Mengajar ini bertujuan untuk membina 4 kompetensi utama untuk menjadi seorang guru profesional baik kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional dan sosial. Maka untuk mewujudkan semua itu  dibutuhkan bimbingan optimal dari sekolah dan guru pamong.

Kabid PGTK Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat  Drs. Suindra Bachtiar, S.Pd, M.Pd menyampaikan bahwa saat ini terdapat kekurangan 6000 tenaga Guru di Sumatera Barat, maka kehadiran mahasiswa PLK-Asistensi Mengajar ini menjadi solusi atas kekurangan tenaga guru kita ini. (OT/NE/Humas UNP)


Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah