Berita

Pengambilan Sumpah Perawat dan Yudisum 100 Lulusan Keperawatan-D3 FPK Universitas Negeri Padang

Jumat, 13 September 2024 Humas UNP - Siti Sarah 64

Padang-- Untuk yang ketiga kalinya Fakultas Psikologi dan Kesehatan (FPK) Universitas Negeri Padang (UNP) menghasilkan lulusan Keperawatan-D3, tahun ini sebanyak 100 orang. Lulusan ini telah melalui serangkaian Ujian Kompetensi (UKOM) yang diselenggarakan pada tanggal 12 Agustus 2024. Mereka dinyatakan Kompeten oleh Komite Nasional Ujian Kompetensi Mahasiswa Bidang Kesehatan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui SK Nomor 1222/KOM-Kes/VIII/2024 tanggal 28 Agustus 2024. Persentase kelulusan UKOM Keperawatan-D3 FPK UNP mencapai 95,23%. Capaian yang termasuk ke dalam kategori tertinggi. Selanjutnya 100 lulusan ini akan menjalani prosesi wisuda pada tanggal 28 September 2024, yang merupakan Wisuda UNP Periode ke-133. 

Sebelum menempuh UKOM, mereka juga telah menjalani praktek di berbagai rumah sakit, diantaranya : (1) RSUP M. Djamil, Padang; (2) RSUD Padang Panjang; (3) RSUD Pariaman; (4) RSUD Padang Pariaman; (5) RSJ Prof. HB. Sa’anin Padang; (6) PSTW Sabai Nan Aluih Sicincin; dan (7) Puskesmas se Kota Pariaman. Praktek yang dilalui dimaksudkan sebagai pengimplementasian bekal pengetahuan yang diperoleh melalui bangku perkuliahan, sekaligus sebagai wahana untuk merasakan suasana riil dari penanganan pasien serta manajemen pengelolaan institusi kesehatan. Hal ini disampaikan oleh Dr. Suryanef, M.Si. selaku Dekan FPK UNP kepada Rektor dalam acara Pengambilan Sumpah Perawat bagi lulusan baru Prodi Keperawatan-D3 FPK UNP yang diselenggarakan hari Kamis tanggal 12 September 2024 di Aula Fakultas Ilmu Sosial UNP. Bersamaan dengan laporannya, Dekan juga mengajak para mahasiswa untuk menjadi perawat yang humanis serta melayani pasien dengan hati, serta menjunjung tinggi kode etik profesi keperawatan. Juga disampaikannya bahwa tahun ini akan ada lulusan prodi ini yang akan bekerja sebagai perawat di Jepang.

Di sisi lain Rektor Universitas Negeri Padang, Ir. Krismadinata, ST., MT., Ph.D. dalam sambutannya meminta para lulusan Keperawatan D-3 agar terus mengembangkan diri dengan berbagai kompetensi dimanapun dan kapanpun. Siapapun bisa menjadi guru bagi kita, dan dimanapun  kita dapat belajar. Terlebih kemampuan dalam penguasaan bahasa asing dan teknologi. Sebab lanjutnya, perawat adalah profesi yang pasar kerjanya sudah dalam lingkup global. Beliau juga berpesan kepada para lulusan agar menjaga nama baik almamater, menjadi perawat yang mengedepankan rasa kemanusiaan, berdedikasi dan pengabdian yang tinggi. Selain itu, Rektor juga meminta para lulusan untuk juga melakukan studi lanjut. Apalagi FPK saat ini telah memiliki Keperawatan-S1, serta Pendidikan Profesi Ners. Manfaatkanlah peluang yang ada. Akhirnya, Rektor mengucapkan selamat atas keberhasilan para lulusan melalui UKOM, dan bagi yang belum berhasil tetap bersemangat dan tidak larut dalam kesedihan, ucapnya lagi.

Sementara itu DPW (PPNI) Provinsi Sumatera Barat, yang diwakili oleh Tasman, S.Kep., M.Kep., Sp.Kep.Kom. yang juga Ketua Bidang Diklat PPNI memberikan apresiasi atas torehan prestasi Prodi Keperawatan D-3 FPK UNP, yang menurutnya terus berkembang dan memiliki karakteristik yang berbeda dengan lulusan institusi keperawatan lainnya. Sebab dididik dalam lingkungan kampus yang core-business utamanya di bidang pendidikan. Tasman juga menyatakan bahwa sangat terbuka peluang pasar kerja dari lulusan Prodi Keperawatan. Beliau juga menyatakan bahwa DPW PPNI Sumbar siap mengupayakan diperolehnya peluang kerja bagi lulusan Prodi Keperawatan-D3, baik di lingkup institusi kesehatan pemerintah maupun swasta. Di akhir sambutannya, Tasman mengapresiasi kehadiran Rektor bersama Wakil Rektor yang lengkap dalam kegiatan Pengambilan Sumpah dan Yudisium Lulusan Prodi Keperawatan-D3 yang tak dijumpai di kampus lainnya.

Dalam acara pengambilan Sumpah Perawat ini juga dilakukan penyerahan daftar nama lulusan kepada DPW PPNI Provinsi Sumatera Barat, agar dapat dimanfaatkan dan dipekerjakan sesuai bidang ilmu keperawatan baik pada institusi pemerintah mau pun swasta, serta diberikan izin praktek mandiri. Hadir juga dalam acara ini para wakil dekan, pimpinan departemen, para dosen, serta tenaga kependidikan di lingkungan FPK. Suasana haru sempat mewarnai pengambil sumpah perawat, saat salah seorang lulusan menyanyikan lagu Bunda, Yang Terbaik Bagimu, serta Hymne Guru yang sarat makna. Apalagi ketika beberapa lulusan memberikan untaian bunga kepada Rektor, Wakil Rektor, Dekan, dan perwakilan DPW PPNI sebagai wujud kasih dan terimakasih. Momen ini menjadikan banyak hadirin sampai meneteskan air mata. Kegiatan ini diakhiri dengan pemberian ucapan selamat kepada semua lulusan.











Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah