Berita

KKN Tematik Rintisan Proklim Universitas Negeri Padang: Mengembangkan Potensi Objek Wisata Sarasah Bersama Masyarakat Nagari DALKO

Minggu, 12 Februari 2023 Humas UNP - Siti Sarah 2101

 Padang - Universitas Negeri Padang melalui Pusat KKN LPPM UNP telah selesai melaksanakan KKN untuk periode Januari-Juni 2023. Kegiatan ini sudah dibuka oleh Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph. D pada tanggal 9 Januari lalu. Periode ini KKN Tematik Rintisan Proklim Nagari Dalko Universitas Negeri Padang yang dilaksanakan sejak tanggal 10 Januari sampai 10 Februari 2023 merupakan salah satu dari 7 ragam kegiatan KKN UNP. Antara lain KKN PPM/Regular berbasis domisili, KKN Tematik BMKG-BPBD,  KKN Tematik  Bidang Studi, KKN Stunting BKKBN- UNP, KKN Tematik ProKlim Tabek dan KKN Tematik Eco Brick Andaleh. Berbagai program sudah dilaksanakan oleh mahasiswa, di antaranya adalah mengembangakan potensi wisata alam yang terdapat di 4 Jorong Nagari DALKO; Jorong Dama Gadang, Arikir, Jorong Lubuak Sao, dan Jorong Koto Panjang. Melalui kolaborasi yang dilakukan mahasiswa dengan masyarakat, diharapkan dapat menjaga, menfaatkan dan melestarikan kekayaan sumber daya alam yang ada, sehingga dapat meningkatkan aktivitas kepariwisataan di Nagari Dalko. Kepala LPPM UNP Yohandri, M.Si, Ph. D, berharap kepariwisataan di nagari akan terus dikembangkan. Dalam hal ini peran masyarakat untuk mewujudkan ini seperti menjaga kebersihan, keramahan bagi wisataan, sarana transportasi serta dapat menambah fasiltas seperti homestay.

Selain program pengembangan potensi wisata, mahasiswa KKN juga menyelenggarakan program pemberdayaan masyarakat nagari, mengajar anak-anak mengaji, bimbel bagi siswa SD, SMP, SMA. membersihkan jalan dan irigasi kampung, menyelenggarakan berbagai perlombaan tingkat anak-anak, dan mengaktifkan kegiatan olah raga sepak bola setiap sore.

Melalui berbagai program KKN yang dilaksanakan, mahasiswa diharapkan mendapatkan pengalaman belajar di masyarakat yang tidak mereka dapatkan di bangku perkuliahan. Sebagaimana ditegaskan oleh Dr. Elfi Tasrif, MT selaku kepala pusat KKN UNP, bahwa melalui kegiatan KKN ini diharapkan mahasiswa mendapatkan pengalaman belajar dan ikut berkontribusi dalam menyelesaikan permasalahan di tengah masyarakat.

Pada acara penutupan kegiatan KKN yang diadakan tanggal 9 Februari 2023 lalu, Wali Wali  Jorong dan Sekretaris Nagari Dalko juga memberikan apresiasi yang besar terhadap program KKN yang sudah dilaksanakan oleh mahasiswa. Meskipun hanya satu bulan mereka berada di nagari, tetapi kontribusi dan pengaruh kedatangan mereka ke nagari begitu besar. Wali nagari juga berpesan kepada mahasiswa yang telah melaksanakan KKN, semoga mendapatkan pengetahuan dan pengalaman berharga selama berkegiatan dan berbaur dengan masyarakat.  Mahasiswa KKN UNP sudah ada di hati masyarakat dan dianggap menjadi bagian keluarga lokasi KKN. (YH/Humas UNP) 


 

Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah