Berita

Subuh Mubarak Universitas Negeri Padang Pagi Ini: Puncak Ilmu adalah Adab

Jumat, 11 Oktober 2024 Humas UNP - Siti Sarah 128

PADANG - Pentingnya adab di hadapan ilmu pengetahuan adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan yang juga adab tersebut diimplementasikan dalam kehidupan kita seperti dalam adat dan budaya Minangkabau.

Demikian disampaikan oleh Rektor Universitas Negeri Padang yang diwakili oleh Wakil Rektor IV, Dr. rer. nat. Deski Beri, S.Si, M.Si.dalam sambutannya pada kegiatan Subuh Mubarak yang dilaksanakan secara luring pada Jumat (11/10) bertempat di Masjid Raya Al-Azhar Kampus UNP Air Tawar Padang dan secara daring melalui zoom meeting. Kegiatan Subuh Mubarak pada Jumat pagi ini diselenggarakan oleh Fakultas Psikologi dan Kesehatan (FPK) Universitas Negeri Padang.

Kegiatan Subuh Mubarak yang diselenggarakan setiap Jumat pagi dihadiri oleh Rektor, Wakil Rektor, Kepala Lembaga, Kepala Biro, Kepala UPT, Dekan, Wakil Dekan, Ketua Departemen, Koordinator Program Studi, dosen, tenaga kependidikan dan sivitas akademika Universitas Negeri Padang.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor IV, Dr. rer. nat. Deski Beri, S.Si, M.Si.menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Ustaz Dr. Mardianto, S.Ag., M.Si. yang juga dosen FPK Universitas Negeri Padang yang telah bersedia sebagai penceramah pada kegiatan Subuh Mubarak bertempat di Masjid Raya Al-Azhar Kampus UNP Air Tawar Padang.

Ustaz Dr. Mardianto, S.Ag., M.Si. dalam ceramahnya dengan topik "Puncak Ilmu adalah Adab" menyampaikan bahwa dalam pepatah Arab dinyatakan bahwa adab itu lebih tinggi daripada ilmu.

Lebih lanjut Ustaz Dr. Mardianto, S.Ag., M.Si. menyampaikan ilmu pengetahuan sangat penting dalam kehidupan untuk menyelesaikan masalah di muka bumi ini.

"Allah memberikan bekal ilmu pengetahuan kepada Nabi Adam sebelum diturunkan ke muka bumi ini," tambah Ustaz Dr. Mardianto, S.Ag., M.Si.

Pada kesempatan itu Ustaz Dr. Mardianto, S.Ag., M.Si. juga menyampaikan namun ilmu pengetahuan kadang-kadang sering merusak kehidupan di muka bumi ini seperti pernah disampaikan oleh Malaikat ketika berdialog dengan Allah ketika Nabi Adam diciptakan.

"Sesuai visi dan misi lembaga kita Universitas Negeri Padang diharapkan menciptakan lulusan yang kuat dalam ilmu pengetahuan tetapi diharapkan sekaligus lulusan yang memiliki akhlak akademis, adab akademis, dan etika akademis," tambah Ustaz Dr. Mardianto, S.Ag., M.Si.

Kata Ustaz Dr. Mardianto, S.Ag., M.Si. lagi, ada beberapa adab yakni adab beragama seperti tauhid, takwa, doa, tawakkal; adab terhadap diri sendiri seperti malu, hemat, benar, sabar, adil, keberanian; adab dalam berkeluarga seperti mendidik anak dan keluarga; adab bermasyarakat seperti tolong menolong; adab bernegara seperti membela negaranya; adab terhadap lingkungan. (ET) berita dikutip dari https://www.beritaminang.com/



Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah