Berita

Gubernur Sumbar Tutup Helat Besar Minangkabau Halal Festival 2023

Senin, 11 September 2023 Humas UNP - Siti Sarah 652

Setelah 3 hari yang padat dengan beragam kegiatan dan ramainya pengunjung, Minangkabau Halal Festival (MHF) resmi ditutup oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi, Ahad malam 10 September 2023 di Auditorium UNP. Penutupan juga dihadiri oleh Rektor UNP Prof. Ganefri, Kepala Pusat Kajian Halal UNP Miftahul Khair, Ph.D, ulama Sumbar Buya Zulkifli M Ali, Direktur LP POM MUI Sumbar Dr. Syaifullah Zulkiar, Staf Ahli Walikota Padang, dan Pejabat Pemprov Sumbar. 

Apresiasi yang tinggi diberikan oleh Gubernur atas terselenggaranya event Halal Festival yang pertama kalinya diadakan di Sumatera Barat. “Kita ingin mewujudkan harapan pak Wapres yang menumpangkan harapan besar kepada Sumatera Barat agar bisa menjadi pusat industri halal nasional. Karena itu Minangkabau Halal Festival berikutnya hendaknya tidak hanya dilaksanakan di Sumatera Barat, tapi juga dilaksanakan di luar negeri” tantang Gubernur Mahyeldi.

Gubernur juga menyampaikan bahwa bersamaan dengan MHF ini, Sumbar juga sedang menjadi tuan rumah pelaksanaan World Islamic Entrepreneur Summit (WIES 2023). WIES 2023 juga telah dibuka oleh Wapres Kyai Haji Ma’ruf Amin tanggal 8 September 2023 pada hari yang sama dimana Wapres juga membuka  event MHF di UNP.  Menparekraf Sandiaga Uno bahkan menyerahkan Hak kekayaan Intelektual (HKI) dari WIES yang telah terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM kepada Pemprov Sumbar untuk menjaga eksklusivitas pelaksanaan event ini di Ranah Minang.

Rektor UNP dalam sambutannya menyampaikan tentang peran dan kontribusi UNP dalam hal percepatan industri halal di Sumatera Barat. “Kita melalui LP3H Halal Center UNP telah membantu para pelaku usaha hingga mendapatkan lebih dari 900 sertifikat halal’ kata Prof. Ganefri. UNP juga telah memiliki laboratorium halal dengan instrumen real time PCR yang telah terakreditasi ISO 17025, sehingga menjadikannya acuan kompetensi laboratorium pengujian dan kalibrasi. “Di Sumbar sendiri, baru PT Sucofindo dan Labor Halal UNP yang memiliki akreditasi alat ini” tutur Prof. Ganefri. Juga disampaikan tahapan langkah UNP dalam Jaminan Produk Halal dan tahapan untuk memberikan layanan sertifikasi halal internasional yang selama ini justru banyak diperankan oleh negara-negara tetangga. 

Pada penutupan MHF ini, juga diserahkan hadiah kepada para juara Olimpiade Halal siswa SLTA se-Sumatera Barat. Kompetisi antar sekolah yang bergengsi ini adalah hasil kerjasama Pusat Kajian Halal UNP, LP POM MUI Sumbar dan Unit Kegiatan Kerohanian UNP.  Dari 4 cabang yang diperlombakan, tropi juara umum diboyong oleh MAN 1 Padang Pariaman. Sementara Juara Festival Anak Sholeh dibawah koordinasi BEM Fakultas Ilmu Pendidikan UNP diserahkan hadiahnya oleh Rektor UNP secara langsung di panggung utama MHF. 

Sebelum dan setelah kegiatan Minangkabau Halal Festival 2023, UNP dengan Halal Centernya berkomitmen untuk ikut berkontribusi untuk menjadikan Sumbar pusat industri halal nasional. 




Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah