Berita

Departemen Teknik Sipil Melaksanakan Kuliah Lapangan (Field Camp) Matkul Survey Pemetaan Dikawasan Solok Radjo Kabupaten Solok

Senin, 10 Juli 2023 Humas UNP - Siti Sarah 583

FT-UNP. Departemen Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang (UNP) telah berhasil melaksanakan kegiatan field camp (kuliah lapangan) jilid III, Kelompok Bidang Keahlian (KBK) Survei dan Pemetaan. Kegiatan ini diadakan di Solok Radjo Glamping, Kanagarian Aia Dingin, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Kegiatan Field Camp dilaksanakan selama 3 hari yaitu pada tanggal 22, 23, dan 24 Juni 2023. Dalam hal ini Departemen Teknik Sipil, Fakultas Teknik mengirim sebanyak 191 orang Peserta, 4 Dosen, 6 Tendik, 4 Asisten Lab/perkuliahan, 10 Panitia bekerja sama dalam mensukseskan kegiatan ini. 

Field Camp Jilid III ini merupakan kegiatan lanjutan dari kegiatan-kegiatan sebelumnya yang telah dimulai sejak tahun 2022 lalu. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari instruksi Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D, kepada seluruh civitas akademika untuk melakukan peningkatan setiap IKU yang diharapkan akan mampu menjadikan UNP sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang memenuhi “standar emas” dan terbaik sesuai dengan klasifikasinya. 

Dikesempatan ini Kepala Departemen Teknik Sipil Faisal Ashar, S.T.,M.T, Ph.D menyatakan bahwa kegiatan yang baru dilaksanakan ketiga kalinya ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa karena ini merupakan mata kuliah dasar wajib dimana mahasiswa terjun langsung kelapangan berbaur dengan masyarakat sebelum mereka melakukan Praktek Lapangan. Kadep Faisal berharap berikutnya tetap dilaksanakan kegiatan ini dan bersifat berkelanjutan di tiap tahunnya.

Lebih jauh Ketua KBK dan Kepala Lab. Survei-Pemetaan Departemen Teknik Sipil FT UNP, Fitra Rifwan, S.Pd., M.T menyatakan peningkatan Indek Kinerja Utama (IKU) kampus UNP baik dalam kegiatan Tridarma (IKU 3) maupun penerapan luaran ilmiah penelitian serta pengabdian dari dosen-dosen KBK (IKU 5) merupakan tujuan umum dari kegiatan ini. Ia berharap, Field Camp ini bisa mewujudkan peningkatan tersebut. Menurutnya, kompetensi peserta sendiri (mahasiswa/wi) Departemen Teknik Sipil FT UNP dalam keahlian pengukuran tanah dan pemetaan topografi juga meningkat dan bisa menjadi pengalaman berharga didunia kerja, nantinya.

Diketahui sejarah kegiatan Field Camp ini dimulai pada tahun 2022, kegiatan ini diprakarsai dan dimulai oleh dosen-dosen KBK Survei dan Pemetaan, Departemen Teknik Sipil FT UNP. Pengelolaannya dibawah Ketua KBK dan Kepala Lab. Survei-Pemetaan Departemen Teknik Sipil FT UNP, Fitra Rifwan, S.Pd., M.T. dengan tim: Yaumal Arbi, S.T., M.T. (dosen), Ari Wahyudi, S.T, (tendik) dan Adetiyawarman Nazwar, A.Md. (FT-UNP)




Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah