Berita

Tim PKM K (Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan) Universitas Negeri Padang (ABELATO TIM) Berhasil Memanfaatkan Gel Okra Sebagai Ingredient Pengganti Telur pada Inovasi Gelato Rendah Kalori dan Rendah Kolesterol

Jumat, 19 Juli 2024 Humas UNP - Siti Sarah 132

Padang- Tim Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan, Departemen Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Universitas Negeri Padang (UNP) berhasil menciptakan ABELATO yang merupakan inovasi gelato dengan memanfaatkan gel okra sebagai bahan baku dalam pembuatan gelato.

Gelato menjadi trend camilan yang di gemari pada periode ini. Namun, pada umumnya pembuatan gelato menggunakan telur sebagai bahan baku di samping penggunaan full cream.Diketahui bahwa, telur memiliki kadar kalori dan kolesterol yang tinggi. Pada inovasi kali ini Tim PKM K Departemen Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang yang di ketuai oleh Muhammad Nazif Zen, beranggotakan Nadihra Zahara Sebrina, Aria Bintang Ramadhan, Julia Ray Marcelina, Siti Atika Salsabilla dengan dosen pembimbing Dr.Irdawati M,Si mempersembahakan Abelato : Inovasi Gelato Fitonutrien Gel Okra sebagai Camilan Diet dan Pencegah Kolesterol.

Okra merupakan jenis sayuran yang kaya akan Vit C, Kalsium, Magnesium dan folat serta memiliki gel yang banyak. 

Kandungan gel yang banyak pada sayuran okra menyebabkan okra jarang dikonsumsi. Oleh sebab itu, Abelato menjadi alternatif pemanfaatan gel okra sebagai pengganti telur dalamproses pembuatan inovasi gelato. Kombinasi bahan alami ini menghasilkan inovasi gelato yang lezat dan menyehatkan.

Dengan dukungan universitas, produk ini diharapkan dapat dipasarkan secara luas dan memberikan kontribusi serta manfaat yang nyata dalam menciptakan generasi yang lebih sehat dalam mendukung inovasi petani okra lokal yang ada di Sumatera.


Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah