
Integrasikan PjBL dengan Kompetisi Tingkat Nasional: Prodi Ilmu Komunikasi UNP Gelar XCB-COMM 2025
Padang (3/6) – Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Padang menyelenggarakan XCB-COMM (Exhibition of Communication), Selasa (3/6). Kegiatan ini adalah kompetisi tingkat nasional yang turut diintegrasikan dengan produk Project Based Learning (PjBL) dari empat mata kuliah, yaitu Fotografi, Sinematografi, Presenting, dan Etika Profesi Humas.
Sebagai gelaran tingkat nasional, kompetisi ini diikuti oleh 43 universitas yang berasal dari 14 provinsi berbeda di Indonesia. Dengan mengusung tema “Create the Story, Capture the Culture”, tiga jenis lomba utama yang ditampilkan dalam kegiatan ini adalah Pusako (Film Dokumenter), Carano (Foto Esai), dan Marawa (Vlog Presentation). Secara keseluruhan, kompetisi ini menerima sebanyak 147 karya.
Puncak dari gelaran XCB-COMM 2025 ini dilaksanakan di Aula Fakultas Ilmu Sosial lantai 4, Universitas Negeri Padang. Kegiatan ini diawali dengan sambutan dari Koordinator Program Studi Ilmu Komunikasi, AB Sarca Putera, S.I.Kom., M.A. Ia menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari proses pembelajaran berbasis proyek yang tidak hanya menekankan teori, tetapi juga memberi ruang untuk ekspresi dan eksplorasi bersama. “XCB-COMM menjadi ruang bagi dosen dan mahasiswa untuk bekerjasama dan mengeksplorasi berbagai elemen,” ujarnya.
Selanjutnya, kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial, Dr. Afriva Khaidir, S.H., M.Hum, MAPA, Ph.D. Dalam sambutannya, Dekan FIS menyampaikan pentingnya pendekatan aktif dalam dunia pendidikan tinggi. “Pendekatan Project Based Learning (PjBL) yaitu pada eksplorasi secara aktif, dan yang dilakukan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi sudah mengeksplorasi sedemikian rupa,” Tuturnya. Menurutnya, hal ini juga sejalan dengan semangat Kampus Berdampak yang digaungkan oleh Kemendikbudristek. Dalam konteks ini, perguruan tinggi tidak hanya didorong untuk mencetak lulusan yang unggul, namun juga hadir sebagai solusi nyata bagi persoalan sosial, ekonomi, dan budaya.
Hal ini sejalan dengan tema yang diusung pada kegiatan XCB-COMM ini, yaitu "Create the Story, Capture the Culture". Showcase XCB-Comm menjadi abstraksi yang penting dalam memberi ruang pada pendidikan tinggi untuk berkontribusi aktif pada pelestarian budaya dan pengembangan sektor pariwisata. Gelaran ini juga menjadi tahapan penting untuk Program Studi Ilmu Komunikasi dalam melebarkan jaringan dan kolaborasi dengan menggandeng partisipasi di level nasional.
Melalui kegiatan XCB-COMM, mahasiswa dari seluruh Indonesia yang terlibat tidak hanya menghasilkan karya, tetapi juga menjalani proses pembelajaran kolaboratif. Pada gelaran puncak (XCB-Talk), diumumkan pula pemenang untuk masing-masing lomba. Berdasarkan hasil objektif dari penilaian juri, dipilih juara 1, juara 2, juara 3, dan peserta favorit.
Kegiatan ini dapat terselenggara hingga akhir berkat dukungan menyeluruh dari pihak internal Universitas Negeri Padang dan juga beragam pihak eksternal, seperti Made By Mormo, Kopmil Taplau, Chicken Crush, Lag!, Sweet Cotton Crew, Wardah, dan Warkop Ucok Malibou, dengan media partner We The Syne. (RLS/IW Ilkom UNP)