Berita

Mahasiswa Program Studi Biologi FMIPA UNP lolos seleksi Program BARISTA - Bantuan Riset bagi Talenta Riset dan Inovasi dari BRIN 2023

Sabtu, 2 September 2023 Humas UNP - Siti Sarah 505

Sebanyak 16 orang mahasiswa program Studi Departemen Biologi UNP lolos seleksi Program BARISTA dari BRIN 2023. Mahasiswa Biologi lolos beasiswa BARISTA melalui dua gelombang, dimana Gelombang pertama meloloskan 9 orang mahasiswa dan gelombang kedua meloloskan 7 mahasiswa.

BARISTA merupakan pemberian bantuan Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan riset kepada mahasiswa aktif tingkat akhir jenjang Diploma 4 dan Strata (S1, S2, S3) untuk menyelesaikan tugas akhir yang berbasis kerjasama riset di unit kerja lingkungan BRIN. Bantuan Riset Bagi Talenta Riset dan Inovasi yang diberikan berupa uang kuliah tunggal maksimal 2 (dua) semester dengan nominal paling banyak berjumlah Rp5.000.000,00 (lima juta rupiah) per-semester yang disalurkan ke rekening perguruan tinggi; dan dana bantuan riset untuk jenjang diploma IV/strata satu (S1) berjumlah Rp3.000.000,00. 

Kesempatan mendapatkan Beasiswa BARISTA yang diperoleh oleh mahasiswa Biologi ini, merupakan peluang lanjutan dari kegiatan MBKM di BRIN yang diikuti oleh mahasiswa sebelumnya. Program studi Biologi UNP tidak pernah absen dalam mengirimkan mahasiswa untuk terlibat dalam kegiatan ini, sejak pertama kali MBKM BRIN diselenggarakan sampai pelaksaanaan pada semester ini (2021-2023). Total jumlah mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan ini adalah 30 orang, yang tersebar di berbagai Pusat kajian dan rekayaksa yang ada di BRIN.

Kesempatan mendapatkan beasiswa BARISTA oleh mahasiswa Biologi tidak terlepas dari kerjasama yang baik yang terjalin antara Peneliti dari BRIN dan dosen Pembimbing di kampus. Disamping itu, kopetensi dan performa yang ditampilkan oleh mahasiswa selama melakukan magang juga menjadi pertimbangan bagi Penelitia BRIN untuk memberikan rekomendasi (sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan beasiswa ini).

Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah