Buletin POMNAS XVII 2022

Pertandingan Pencak Silat POMNAS XVII 2022 Hari Kedua Mulai Penyisihan Perdelapan Final

Kamis, 24 November 2022 Humas UNP - Syafril 27

Pertandingan cabang olahraga pencak silat hari kedua dilaksanakan pada Rabu (23/11/22) di Gedung Sport Science Centre Universitas Negeri Padang. Pertandingan ini mempertandingan 28 partai baik dari gelanggang A maupun gelanggang B yang berasal dari kategori 1/8 final putra dan putri.

Dari gelanggang B sendiri mulai dari kategori B Putri yang berasal dari Riau (Novi Febri Yeni) melawan DKI Jakarta (Melita O.R.) yang kemudian dimenangkan oleh DKI Jakarta dengan skor 0-5. Lalu berlanjut pada provinsi Sumatera Barat (Cindy P.S.) yang berhasil meraih kemenangan 5-0 dari provinsi Sulawesi Tengah (Andjela A.). Dengan skor yang sama, Sumatera Utara (Farahdiba A.A.) memenangkan pertandingan dari Kepulauan Bangka Belitung (Mili Agustin). Kategori ini B Putri berakhir setelah Jawa Timur (Sekar Arum Y.P.W.) berhasil menaklukkan Bali (Luh Wiwin P.D.) dengan skor 5-0.

Pertandingan kali ini makin menarik karena pada kategori A Putra, Sulawesi Tenggara (M. Yusuf S.) berhadapan dengan Sulawesi Utara (Kley C.W.), namun sayangnya dengan Sulawesi Utara dikalahkan oleh Sulawesi Tenggara dengan skor 5-0. Kemenangan ini disusul oleh Jawa Barat (Wildan Bayu A.F.) dengan skor 5-0 dari Gorontalo (M. Syah Fitra M.). Dengan skor yang sama, Jawa Tengah (Khoirudin M.) berhasil meraih skor 5-0 dari Sumatera Utara (Nugie Septiawan P.). Masih dengan skor yang sama lagi, kali ini dimenangkan oleh Sulawesi Selatan (M. Akil) setelah berhasil melawan Kalimantan Timur (M. Nurdin).

Kategori A Putri Jawa Tengah (Dias Elfana) juga berhasil memenangkan babak penyisihan ini dengan skor 5-0 setelah melawan Sulawesi Selatan (Ayu Sapria N.). Kemudian juga disusul oleh kemenangan Kalimantan Selatan (Hanifa) setelah berhadapan dengan Sumatera Utara (Nabila) dengan skor 5-0. Lalu tak lama sesudah itu, Riau (Angel Sianturi) dikalahkan oleh Kepulauan Riau (Dea Nurhasanah) dengan skor 5-0. Sebelum kembali pada kategori putra, kategori A Putri diakhiri oleh kekalahan Jambi (Jelita O.) dari Bali (N.K.A. Jinaryani D.S.) dengan skor 0-5.

Pertandingan kategori E Putra kali ini dimenangkan oleh beberapa provinsi, yaitu Jawa Tengah (Amar Abdullah D.A.R.), Bali (T. Vicky Ajus E.), Kepulauan Riau (Adiya Vernando P.) dan Jawa Barat (Muhtar). Masing-masing kontingen tersebut meraih skor 5-0 dari lawannya masing-masing yaitu Kalimantan Timur (Jainudin Aziz), Jambi (Firman H.H.), NTT (L. O. Akbar Mulia R.) dan Kalimantan Utara (Shandy Purwo).

Dari kategori D Putra sendiri juga dimenangkan oleh provinsi Jawa Tengah (Ginting Baharudin P.), Sumatera Barat (Fadhlan Rusli), NTB (Nurhamidi Said), dan Aceh (T. Maunizar) dengan skor 5-0 dari provinsi Sumatera Selatan (Mahesa Bara Wijaya), Kalimantan Selatan (Achmad Arya D.), Riau (Wahyu Pratama) dan Jambi (Edi Bintoro).

Kategori C Putri dari provinsi DKI Jakarta (Wulan Handayani), Riau (Ayu Sintia), Jawa Barat (Della Salsaputri) dan Sumatera Selatan (Debi Febiani) yang sama-sama dari sudut biru berhasil meraih skor 5-0 dari provinsi Bali (L. M. Prisila Suciningsih), Kalimantan Barat (Nurhasanah), Sulawesi Selatan (Nurfika Rahayu) dan Aceh (Humairah Rezeki).  

Babak penyisihan dari gelanggang B ini diakhiri dengan kategori F Putra yang dimenangkan oleh provinsi Jawa Tengah (Ainu Lensa Salam), Jawa Barat (Luthfi Firdaus) dan DI Yogyakarta (Aldino Rizqi H.S.) dengan skor 5-0 dari provinsi Sumatera Barat (M. Indra Setiawan), Sulawesi Utara (Sthilvanus Petangpulu) dan Kalimantan Selatan (Gindra Eka Hilmi P.). Namun berbeda dengan provinsi Aceh (Gunter Lowe) yang berhadapan dengan Lampung (Islahuddin Rabbani), mereka bertanding sengit sehingga poin mereka saling kejar-kejaran, tapi akhirnya tetap dikalahkan oleh Lampung dengan skor 3-2.

(Ana Kurnia/HumasUNP)