Buletin POMNAS XVII 2022

Hari Kedua Pertandingan Pencak Silat POMNas XVII 2022, Strategi Makin Dikerahkan Demi Maju ke Babak Selanjutnya

Kamis, 24 November 2022 Humas UNP - Siti Sarah 24

Padang-- Pertandingan cabang olahraga pencak silat hari kedua dilaksanakan pada Rabu (23/11/22) di Gedung Sport Science Centre Universitas Negeri Padang. Pertandingan ini mempertandingan 28 partai baik dari gelanggang A maupun gelanggang B yang berasal dari kategori 1/8 final putra dan putri.

Dari gelanggang A sendiri dimulai dengan mempertandingan kategori B putri dari Sulawesi Selatan (Nurkaidah) dan Sulawesi Barat (Adibah Sahrani), walaupun berasal dari pulau yang sama yaitu Sulawesi, mereka bertanding dengan sportif dan sengit, mereka saling berhadapan dengan menerapkan teknik-teknik pembelaan dan serangan yang sesuai dengan aturan-aturan yang ditentukan. Namun sayangnya, Sulawesi Barat dikalahkan oleh Sulawesi Selatan dengan skor 5-0. Setelah pertandingan pertama berakhir, berlanjut pada provinsi Aceh (Eva Susanti) melawan DI Yogyakarta (Mona Sania H.) dengan skor 0-5. Kategori B putri berlanjut pada provinsi Sulawesi Tenggara (Tini Sri Azhari) melawan Jawa Tengah dengan perolehan skor 0-5. Dengan skor yang sama, pertandingan antara Lampung (Syefiah Nur H.) dan Kalimantan Selatan (Mariani) dimenangkan oleh provinsi Kalimantan Selatan. 

Pertandingan masih berlanjut dengan kategori A Putra, yang dimulai dari provinsi Sumatera Selatan (Mario Dwika A.) dengan Sumatera Barat (Viero Febrian), pertandingan yang tak kalah sengitnya dengan atlet putri ini berhasil dimenangkan oleh Sumatera Selatan dengan skor 5-0. Masih dengan kategori yang sama, pertandingan dilanjutkan dengan provinsi Maluku (Rasno Wabula) yang menang 5-0 setelah melawan Papua Barat (Ari Fadli). Provinsi Jawa Timur (M. Ilyasya) juga memenangkan pertandingan dengan skor 5-0 setelah melawan Aceh (Faisal Akbar). Begitu juga dengan Bengkulu (M. Andi Ramadhan) yang kalah setelah berjuang keras melawan Kalimantan Selatan dengan skor 0-5.

Berlanjut pada kategori A Putri, tak disangka Bengkulu sebelumnya kalah dalam kategori A Putra, kali ini dalam kategori A Putri Bengkulu (Zarah Afifa) berhasil menaklukkan lawannya yaitu dari Sulawesi Tenggara (Yulianti) dengan perolehan skor 5-0. Setelah itu Sumatera Barat (Yuni Utari) kembali berhasil memenangkan pertandingan setelah melawan Aceh (Rena P.) dengan total skor 5-0. Dengan skor yang sama, Lampung (Natasya A.R.) berhasil mengalahkan Sumatera Selatan (Adila W.). Berbeda dengan pertandingan sebelumnya, kali ini persaingan sengit terjadi dan berhasil meraih poin antara Sulawesi Tengah (Nur Fadila) dan Jawa Timur (Rosa Arumasari), namun akhirnya pertandingan tersebut akhirnya dimenangi oleh Jawa Timur dengan skor 1-4.

Pertandingan kembali berlanjut pada kategori E Putra antara DI Yogyakarta (Ryan Pebrian) dan Sumatera Utara (Amri Anugrah) yang dimenangkan oleh DI Yogyakarya dengan skor 5-0. Selain itu, Sumatera Barat (M. Tri Bintang Syanu) berhasil mengalahkan Sumatera Selatan (M. Iqbal Innayatullah) dengan skor 5-0. Dengan skor yang sama, pertandingan antara Lampung (Ahmad Dzikrillah) dan DKI Jakarta (Adittia Ramdani) yang dimenangkan oleh DKI Jakarta. Sedangkan Jawa Timur (Chaldino Dwi F.) juga berhasil mengalahkan Sulawesi Selatan (RIfaldi) dengan perolehan skor 5-0.

Kategori selanjutnya yaitu dari kategori D Putra yang mempertandingkan Bali (I Kadek Yogi S.) dengan Sumatera Utara (Salman F. S.) yang kemudian dimenangkan oleh Sumatera Utara dengan skor 0-5. Dengan skor yang sama, kemenangan diraih oleh Banten (Arief Rahman N.) setelah berhasil melawan Sulawesi Selatan (M. Azhar N.S). DKI Jakarta (M. Fadil) kembali berhasil memenangkan pertandingan dengan Kepulauan Riau (Randa J.) dengan total skor 5-0. Kategori D Putra pada gelanggang A ini diakhiri dengan kemenangan Jawa Timur (Aditya E.F) dengan skor 5-0 setelah bertanding dengan Kepulauan Bangka Belitung (Randi Atul A.)

Pertandingan selanjutnya dihadapkan dengan kategori C putri yaitu antara NTB (Ria Putri) dan Maluku Utara (Nadia Hi Abas) yang kemudian dimenangkan oleh Maluku Utara dengan skor 5-0. Lalu pertandingan selanjutnya dimenangkan oleh Sulawesi Tengah (Irma Ningsi R.P.) setelah berhasil menaklukkan Kalimantan Selatan (Najwa Salsabil) dengan skor 5-0. Selain itu, Sumatera Barat (Winda Novi Y.) kembali meraih kemenangan atas Jawa Tengah (Umu Marhamah) dengan perolehan skor 5-0. Dari kategori yang sama, diakhiri oleh kemenangan Jawa Timur (Surya Ningtyas) atas Kepulauan Bangka Belitung (Sartika D.N) dengan skor 5-0.

Akhir dari pertandingan hari ini dihadapkan oleh atlet dari kategori F Putra dari Sumatera Utara (M. Naoval R.) dan Sulawesi Selatan (Ananda Tri N. I.) kemudian dimenangkan oleh Sulawesi Selatan dengan skor 0-5. Kemudian Bali (Komang Trisna S.M.) berhasil menang 5-0 dari Riau (Tri Wahyu D.). Selain itu, DKI Jakarta (Ahmad Setiawan) berhasil meraih kemenangan kembali dengan skor 5-0 dari Kepulauan Riau (Erlangga Dwi S.). Pertandingan diakhiri dengan kemenangan Jawa Timur (Jawa Abadi Amroin) setelah berhasil mengalahkan Bengkulu (Jerry Supraja) dengan skor 5-0.

Setelah berhasil memenangkan pertandingan babak penyisihan ini akan dilanjutkan dihari berikutnya yang pastinya akan lebih sengit dari hari sebelumnya. (Ana/Humas UNP)


Share:

POMNAS XVII

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah