PENDIDIKAN DASAR (S2)








MANDAT

Program Studi S2 Pendidikan Dasar adalah salah satu program studi pada pasca sarjana Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang untuk jenjang pendidikan tinggi berkualifikasi magister (S2) yang bertujuan mempersiapkan mahasiswa menjadi magister pendidikan di bidang pendidikan dasar yang profesional dan berkarakter dengan berlandaskan iman dan taqwa, yang sesuai dengan tuntutan masyarakat yang meliputi penelitian dan penyebaran konsep pembelajaran di bidang pendidikan dasar, mampu membantu mengembangkan dan meningkatkan kualitas pembelajaran di bidang pendidikan dasar, mampu mengembangkan program-program kemitraan di bidang pendidikan dasar di tingkat lokal, nasional, dan Asia Tenggara berlandaskan iman dan taqwa. Visi: Menghasilkan magister pendidikan di bidang pendidikan dasar yang profesional dan berkarakter dengan berlandaskan iman dan taqwa, terdepan di kawasan Asia Tenggara pada tahun 2026. Misi: 1.Meningkatkan pendidikan yang berkualitas dalam bidang pendidikan dasar berlandaskan iman dan taqwa. 2.Meningkatkan kegiatan penelitian dan menyebarkan ilmu pengetahuan, hasil penelitian, serta model pembelajaran di bidang pendidikan dasar yang inovatif pada tingkat lokal, nasional, dan Asia Tenggara. 3.Meningkatkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai upaya penerapan ilmu pengetahuan dan kependidikan. Meningkatkan kemandirian dalam pengelolaan program mengenai tata kelola yang baik (Good Governance) berlandaskan iman dan taqwa.


KEUNGGULAN

1. Akreditasi A.
2. Menghasilkan magister pendidikan di bidang pendidikan dasar yang profesional dan berkarakter dengan berlandaskan iman dan taqwa.
3. Mengembangkan program pendidikan dasar sesuai dengan tuntutan masyarakat yang meliputi penelitian dan penyebaran konsep pembelajaran di bidang pendidikan dasar.
4. Terlaksananya kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka membantu mengembangkan dan meningkatkan kualitas pembelajaran di bidang pendidikan dasar.
5. Menjadi program studi yang mandiri dalam tatakelola yang baik (Good Governance), mengembangkan program-program kemitraan di bidang pendidikan dasar di tingkat lokal, nasional, dan Asia Tenggara berlandaskan iman dan taqwa
6. Asesor BAN-PT
7. Kerjasama nasional
8. Narasumber tingkat nasional
9. Instruktur PPG- Nasional
10. Kerjasama di bidang Penelitian dan pengembangan nasional
11. Reviewer nasional
12. Rata-rata dosen sudah memiliki jabatan fungsional Lektor Kepala
13. Aktif melaksanakan kegiatan webinar, workshop/pelatihan dan kegiatan temu ilmiah tingkat nasional.
14. Membuka wawasan


LAPANGAN KERJA

1. Menjadi Pendidik profesional (dosen) bidang pendidikan dasar
2. Menjadi peneliti
3. Menjadi konsultan pendidikan dasar
4. Menjadi praktisi pendidikan dasar (guru, pengawas, kepala sekolah, dan pengelola sekolah dasar)


Link Program Studi :


Share to :