SASTRA INGGRIS (S1)


MANDAT
Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dalam bidang kesusasteraan dan kebahasaan yang meliputi penguasaan hard skill dan soft skill seperti kemampuan menunjukkan kecakapan berbahasa Inggris secara lisan maupun tulisan yang ditandai dengan pencapaian setara dengan minimum CEFR level B1, mampu mengaplikasikan konsep dan teori dasar Linguistik untuk menjawab permasalahan fenomena kebahasaan, mampu mengulas dan menganalisis karya sastra yang meliputi puisi, prosa, mampu menyediakan layanan kebahasaan dalam Bahasa Inggris untuk keperluan khusus dalan dunia kerja (English for Specific Purpose, mampu bekerja mandiri dengan menggunakan pengetahuan dan keterampilan berbahasa Inggris untuk menghasilkan sebuah karya kreatif.


KEUNGGULAN
Program Studi Sastra Inggris telah menyandang akreditasi A dan saat ini tengah mempersiapkan diri untuk memperoleh akreditasi internasional AQAS. Prodi Sastra Inggris memiliki passing grade masukan (input) mahasiswa diterima tertinggi di Universitas Negeri Padang. SDM Prodi saat ini ditopang oleh 48 orang tenaga dosen dengan kualifikasi akademis yang sangat baik dimana 13 orang dosen tetapnya memiliki keahlian yang sesuai dengan tuntutan Program Studi Sastra Inggris. Tigabelas dosen tetap tersebut terdiri dari 10 orang doktor dan 3 orang berpendidikan Magister. Tiga orang dosen sudah memiliki jabatan fungsional guru besar/profesor. Lulusan Prodi Sastra Inggris telah tersebar luas di berbagai lapangan kerja nasional mau pun internasional sebagai penerjemah dan interpreter, penulis sastra, dosen sastra Inggris, jusnalis, sutradara, professional dalam industri pertelevisian Indonesia, guru Bahasa Inggris, staf industri perhotelan, perbankan, penerbangan dan lain sebagainya. Kebutuhan masyarakat dan dunia kerja terhadap profesi-profesi ini selalu meningkat, baik untuk lembaga pemerintah maupun swasta, sehingga membuka peluang kerja yang sangat luas bagi tamatan atau alumninya. Ditunjang oleh sarana dan prasarana yang sangat menunjang terwujudnya pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi, prodi Sastra Inggris siap menjadi bagian dari dari Universitas Negeri Padang dalam mencerdaskan bangsa.


LAPANGAN KERJA
Mengisi kebutuhan SDM sebagai penerjemah, interpreter, penulis sastra, dosen sastra Inggris, guru bahasa Inggris, jusnalis, sutradara, professional dalam industri pertelevisian Indonesia, staf industri perhotelan, perbankan, penerbangan dan lain sebagainya.


Link Prodi : http://english.fbs.unp.ac.id/index.php/academic/english-language-literature-study-program/


Share to :