Berita

Dosen UNP Ciptakan Karya Buku Olahraga Roundnet Pertama di Indonesia

Minggu, 31 Desember 2023 Humas UNP - Siti Sarah 1080

Universitas Negeri Padang merupakan Tonggak Penting Pembangunan Olahraga Roundnet di Indonesia.

Sejarah permainan roundnet dimulai pada tahun 1989 di Chicago, Amerika Serikat. Pada waktu itu, seorang pria bernama Jeff Knurek menciptakan permainan ini sebagai bentuk hiburan bagi keluarganya di pantai. Roundnet adalah penggabungan unsur-unsur voli pantai dan tenis meja untuk menciptakan permainan yang lebih seru dan menantang. Bisa dimainkan di dataran berpasir, dataran rumput dan lantai. Induk Roundnet Dunia (International Roundnet Federation = IRF)

Masuk ke Indonesia pada awal tahun 2020 tepatnya 26 Februari dalam masa awal pandemic covid-19, Roundnet masuk ke Indonesia dipelopori oleh Genta Fajar Heriawan asal Kab. Bandung Barat yang kemudian diberikan julukan Bapak Roundnet Indonesia (Baron) atas komitmen & konsistennya terus menyebar luaskan dan memperkenalkan olahraga baru ini dimulai di kota Bandung hingga keseluruh Indonesia dan menjadi semakin populer di kalangan pemain olahraga amatir, masyarakat, dan komunitas yang menyukai olahraga rekreasi maupun prestasi. @roundnetindonesia

Melalui program MBKM Departemen Kepelatihan diketuai kepala Departemen Dr. Donie, S. Pd., M. Pd mengembangkan roundnet di Sumatra Barat. Sehingga semakin popular di Sumatra Barat. Dosen UNP sebagai pencipta Buku Pertama Roundnet dengan berbahasa Indonesia oleh Dr. Ardo Okilanda, M. Pd.,(@ardookilanda) Muhammad Fakhrur Rozi, M.Pd(@rozi_94) dan Dr. Roma Irawan, M. Pd (@roma.irawan Ketua Umum Roundnet Sumatra Barat). Naskah akademik ini sebagai bentuk dukungan roundnet masuk pada KONI Pusat. Karya pertama dosen UNP juga menjadi pondasi untuk menghasilkan karya khusus pada bidang olahraga roundnet di Indonesia.




Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah