
Dosen PLB FIP UNP Jadi Keynote Speaker di Konferensi Internasional ICSAR15 di Malaysia
Malaysia, 29 Juli 2025 — Dosen Program Studi Pendidikan Khusus, Prof. Dr. Marlina, S.Pd., M.Si., tampil sebagai Keynote Speaker dalam ajang internasional bergengsi The 15th International Conference on Special Education in Southeast Asin Region (ICSAR15) yang diselenggarakan di INTI International University, Malaysia, pada tanggal 29 Juli 2025.
Mengangkat topik "Enhancing Inclusivity in Higher Education: Peer Mentoring for Students with Disabilities", Prof. Marlina membagikan hasil penelitian dan praktik baik yang telah diterapkan di perguruan tinggi di Indonesia. Dalam paparannya, ia menekankan pentingnya pendekatan peer mentoring sebagai strategi nyata untuk menciptakan iklim kampus yang lebih inklusif dan suportif bagi mahasiswa disabilitas.
"Inklusi di pendidikan tinggi tidak hanya tentang akses fisik, tapi juga tentang dukungan sosial, akademik, dan emosional. Peer mentoring terbukti mampu meningkatkan kepercayaan diri, keterlibatan akademik, dan rasa kebermaknaan mahasiswa disabilitas di lingkungan kampus," ujar Prof. Marlina dalam pidatonya.
Program peer mentoring yang dipresentasikan merupakan hasil kerja kolaboratif antar perguruan tinggi di Indonesia, yang telah diimplementasikan melalui tahapan identifikasi mahasiswa disabilitas, pelatihan mentor sebaya, pencocokan mentor-mentee, hingga pendampingan selama satu semester akademik. Pendekatan ini mendapatkan respons positif karena memperkuat nilai-nilai inklusi melalui relasi sejawat yang saling menghargai dan mendukung.
Kehadiran Prof. Marlina sebagai narasumber utama dalam ICSAR15 menunjukkan kontribusi aktif akademisi Universitas Negeri Padang di kancah internasional dalam mendorong pendidikan tinggi yang inklusif dan berkeadilan. Konferensi ICSAR sendiri merupakan platform internasional tahunan yang mempertemukan para akademisi, praktisi, dan pembuat kebijakan di bidang pendidikan khusus dan rehabilitasi dari berbagai negara.
#beritaunp #SDGs #SDGs4 #qualityeducation #SDGs10 #reduceinequality #kampusberdampak #diktisaintekberdampak #diktisaintekberdampak #dosenunp