Berita

Pengalamanku sebagai Mahasiswa Inbound Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Universitas Airlangga

Selasa, 28 November 2023 Humas UNP - Siti Sarah 158

Annyeong!! Namaku Della Safrina, akrab dipanggil Della. Aku merupakan mahasiswa dari Departemen Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial (FIS), Universitas Negeri Padang. Di semester 5 ini, aku memutuskan untuk menghadapi tantangan baru dengan mengikuti Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Batch 3 di Universitas Airlangga (Unair) selama satu semester. Satu semester disini aku mendapatkan banyak sekali pengalaman berharga, pengalaman ini menjadi salah satu momen paling menarik dalam hidup ku.

Selama berkuliah satu semester disini, banyak sekali ilmu-ilmu yang aku dapatkan dikelas. Tidak hanya dikelas, aku juga ikut kuliah tamu yang kadang narasumbernya berasal dari luar negeri. Untuk tugas, aku rasa lebih berat disini daripada di kampus asal ku.  

Disini banyak fasilitas yang aku dapatkan, mulai dari fasilitas transportasi gratis, yaitu Bus Fast Local Area Shuttle (FLASH), karena aku mahasiswa FISIP, dan fisip terletak di kampus B, jdi aku menggunakan bus ini untuk ke kampus C ke Kampus B tiap harinya. By the way disini aku tinggal diasrama yang terletak di kampus C, aku bingung ini asrama atau apartemen? Fasilitasnya lengkap banget.

Tak hanya bus, UNAIR juga punya mobil golf, yapss buggy. Adanya buggy ini ditujukan untuk mempermudah mobilisasi mahasiswa di dalam kampus. Biasanya aku menggunakan fasilitas ini untuk mempercepat waktu dari asrama ke halte bus. Menariknya lagi, mobil ini menggunakan tenaga surya sebagai daya geraknya. Jadi, tidak hanya ramah untuk mahasiswa, tetapi mobil ini juga ramah lingkungan.

Satu aspek menarik dari pengalaman aku di Unair adalah mengikuti modul Nusantara. Modul ini memungkinkan aku untuk memahami keanekaragaman budaya, bahasa, dan tradisi di Indonesia. Aku memiliki kesempatan unik untuk belajar tentang kekayaan budaya di negeri tanah majapahit ini, mulai dari adat istiadat hingga seni tradisional. Modul Nusantara membuka mata ku terhadap keindahan Indonesia yang beragam, serta mendalaminya melalui pengalaman langsung dan interaksi dengan mahasiswa dari berbagai daerah.

Tidak hanya dari kelas maupun modul nusantara untuk aku menambah wawasan dan pengetahuan. Tetapi disini banyak kegiatan yang dapat dilakukan. Banyak nya seminar yang diadakan disini baik dari unair sendiri maupun diluar kampus membuat aku jauh lebih produktif. Dan yang tidak kalah kerennya lagi, acaranya mendatangkan guest star yang luar biasa.


Pengalaman disini tidak hanya tentang akademis saja. Persahabatan yang terbentuk selama pertukaran mahasiswa ini sangat berarti bagi ku. Bertemu dengan orang-orang dari berbagai daerah di indonesia dan budaya yang berbeda-beda pula tidak hanya membuka mata ku tentang keanekaragaman negeri ini, tetapi juga membantu ku mengembangkan toleransi dan pemahaman yang lebih baik terhadap perbedaan. Budayasa Team merupakan salah satu keluarga bagiku disini, kami bertemu tiap minggunya untuk menjalankan kegiatan modul nusantara, tali persahabatan dan persaudaraan sudah terjalin. Banyak moment-moment sudah kami lewati, moment tersebut akan menjadi kenangan yang indah dan tak terlupakan nantinya.


Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah