Berita

FPK UNP Berkolaborasi dengan Himpsi Pusat Siapkan Pendidikan Profesi Psikologi

Jumat, 28 Juni 2024 Humas UNP - Siti Sarah 205

Kehadiran UU No. 23 Tahun 2022 tentang Pendidikan dan  Psikologi membawa angin segar bagi penyelenggaraan pendidikan psikologi serta layanan psikologi di Indonesia. Lulusan Sarjana Prodi Psikologi selanjutnya dapat menentukan pilihan, apakah akan melanjutkan pendidikannya ke bidang akademik atau profesi. 

Untuk lingkup profesi mencakup psikolog umum, spesialis, dan sub spesialis. Sementara untuk akademik tentunya mencakup magister dan doktor psikologi. Hal ini menjadi hantaran Dr. Andik Matulessy, M.Si., Psikolog (Ketua Umum HIMPSI Pusat) dalam kuliah umumnya dengan topik: Tantangan dan Peluang Karir Sarjana Psikologi di Era UU PLP No. 23/2022. Kuliah umum ini berlangsung di UPI YPTK Padang. 

Disamping itu, Andik juga memaparkan sejumlah kompetensi yang harus dimiliki seorang psikolog, mulai dari etika sampai pada kemampuan untuk menghadapi masalah. Tidak hanya itu, juga dielaborasi peluang pekerjaan Psikolog yang mencakup HRD, konsultan pendidikan, tenaga kesehatan dan masih banyak lagi lainnya. 

Menyikapi peluang bagi terselenggaranya pendidikan Profesi Psikologi, maka FPK UNP juga ingin memanfaatkan momentum ini dengan menjalin kolaborasi dengan HIMPSI (Himpunan Psikologi) Pusat melalui penandatanganan MoA. Adanya MoA ini memberikan ruang cukup untuk mendalami lebih lanjut berbagai aspek terkait penyelenggaraan pendidikan profesi ini. Beberapa diantaranya berkenaan dengan profil lulusan, capaian pembelajaran, berikut kurikulumnya. 

Untuk keperluan tersebut, maka FPK UNP menyelenggarakan sesi khusus kajian tentang persiapan penyelenggaraan pendidikan Profesi Psikologi melalui diskusi terpumpun bersama HIMPSI Pusat dan HIMPSI Wilayah Sumbar serta perwakilan dari Psikologi Unand, UPI YPTK, dan UIN Imam Bonjol. FPK UNP mengupayakan Pendidikan Profesi Psikologi ini dapat diselenggarakan pada tahun akademik 2025/2026 mendatang. Demikian pernyataan Dekan FPK UNP Dr. Suryanef, M. Si. kepada Tim Humas UNP.




Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah