Berita

Filih Finger Food MPASI Karya Tim FK UNP Raih Pendanaan PKM-K Dirjen Dikti 2024

Senin, 27 Mei 2024 Humas UNP - Siti Sarah 567

'Filih' Finger Food MPASI Karya Tim FK UNP Raih Pendanaan PKM-K Dirjen Dikti 2024

Padang - Tim Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Negeri Padang (UNP) berhasil memperoleh pendanaan PKM-K Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi tahun 2024.

Dengan mengusung “Filih”, finger food Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI) berbahan dasar ikan bilih yang merupakan pangan lokal Sumatera Barat, tim yang terdiri dari Fadhil Acedya Adhyatmoko selaku ketua tim beserta Figo Dwi Cahyo, Dita Zahratul Fathny, Salma Nasira Rusdha, dan Navila Samsa Volasoohy bersama Dosen Pendamping, Dr. dr. Zuhrah Taufiqa, M.Biomed lolos pendanaan tahun 2024.

Tidak hanya melakukan analisis kebutuhan pasar untuk selanjutnya membuat kreativitas usaha namun “Filih” turut mengambil bagian dalam mendukung program aksi bergizi oleh pemerintah dalam upaya penanggulangan stunting. 

Selain berproduksi untuk umum dan mitra yakni Klinik Tumbuh Kembang Anak My Lovely Child (MLC) dalam menyediakan finger food MPASI dan cemilan sehat bergizi khususnya bagi pasien bayi dan balita, “Filih” juga berkolaborasi dengan berbagai instansi dan organisasi untuk memberikan kontribusi lebih luas. 

“Filih” diberikan sebagai doorprize kepada para siswa SMP dan SMA yang proaktif selama kegiatan Edukasi Pendidikan Budi Pekerti Anak dan Remaja yang diselenggarakan oleh Ikatan Istri Dokter Indonesia (IIDI) Padang pada Bulan Bakti Dokter Indonesia (BBID) 2024 di SMP dan SMA Dian Andalas, Padang, Sumatera Barat, Selasa (21/5/2024) lalu.

Dalam rangkaian aksi tanggap bencana, Tim PKM-K FK UNP bersama Dompet Dhuafa Singgalang dan IIDI Padang menyalurkan donasi berupa produk "Filih" disertai dengan pemberian edukasi gizi kepada anak-anak di Jorong Panti, Nagari Rambatan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat pada Jumat, (24/5/2024). 

Tim PKM-K FK UNP juga berkolaborasi dalam aksi bergizi dan tanggap bencana bersama IDI Sumatera Barat, IDI Agam, IDI Pasaman, Perhimpunan dan Kesejawatan Profesi; PDGKI, IDAI, PAPDI, PDPI, PERDOSNI, PERSPEBSI dan IIDI Padang di Kabupaten Agam pada dua lokasi yaitu Poskesri Galuang dan Kapalo Koto, Kabupaten Agam. 

Pada kesempatan ini dilakukan penyerahan "Filih", Produk Inovasi Gizi Berbahan Pangan Lokal Ikan Bilih, untuk mencegah stunting, dan pemberian alat peraga edukatif kepada anak-anak yang terdampak bencana galodo, serta pelayanan, pengobatan, dan pemberian multivitamin.











Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah