Berita

Program Studi Ilmu Komunikasi Gelar FGD dan Kuliah Praktisi Bersama PT. Vortex Energy Batam

Selasa, 26 Desember 2023 Humas UNP - Siti Sarah 753

Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang menyelenggarakan Diskusi Terpumpun (Focus Group Discussion) Kurikulum, Selasa (26/12). Diskusi yang diselenggarakan secara virtual ini berkerjasama dengan PT. Vortex Energy Batam sebagai salah satu industri teknologi automasi yang berbasis di Batam. Kegiatan yang mengangkat tema “Penyelarasan Kurikulum Ilmu Komunikasi dengan Industri Teknologi Automasi” ini menghadirkan Drs. Nadirman, M.M. selaku Direktur PT. Vortex Energy Batam.

Melalui diskusi bersama dengan dosen-dosen dari Program Studi Ilmu Komunikasi, Direktur PT. Vortex Energy Batam menegaskan bahwa meskipun sepenuhnya bergerak di bidang teknologi automasi, namun kemampuan sumber daya manusia dengan ilmu dan keterampilan komunikasi tetap dibutuhkan. “Dalam industri automasi dan dunia bisnis secara umum, digital marketing menjadi penting, karena akan menjadi pendukung utama dalam kerja-kerja Sales dan Marketing” ungkapnya.

Meskipun terbilang baru dan belum memiliki lulusan, Program Studi Ilmu Komunikasi kedepannya akan menggiatkan dialog dengan dunia industri. Bagaimanapun, Program Studi Ilmu Komunikasi bertanggung jawab dalam mencetak calon-calon profesional di bidang komunikasi untuk memenuhi tuntutan dunia kerja yang semakin kompleks. Sementara itu, perkembangan pesat teknologi dan dinamika sosial ekonomi memunculkan tantangan baru yang memerlukan kesiapan lulusan dalam menghadapi perubahan tersebut. Dalam konteks ini, telaah kurikulum menjadi suatu kebutuhan mendesak untuk memastikan bahwa Program Studi Ilmu Komunikasi tetap relevan dan mampu menjawab kebutuhan industri dan masyarakat.

“Melalui diskusi hari ini, maka dapat dilihat irisan kolaborasi Program Studi Ilmu Komunikasi dengan PT. Vortex Energy Batam ada pada Konsentrasi Keilmuan Hubungan Masyarakat. Dalam hal ini, berkaitan dengan Brand Image perusahaan dan membangun serta menjaga relasi dengan investor dan pelanggan. Selain itu, dalam irisan kolaborasi lainnya juga dapat terlihat pada fokus Mata Kuliah Komunikasi Organisasi dan Komunikasi Pemasaran,” papar AB Sarca Putera, S.I.Kom., M.A. selaku Koordinator Program Studi Ilmu Komunikasi.

Sebagai salah satu perusahaan yang membuka peluang pekerjaan untuk para lulusan Ilmu Komunikasi, kegiatan diskusi terpumpun dilanjutkan dengan Kuliah Praktisi dengan tema “Peluang Karir Lulusan Program Studi Ilmu Komunikasi di Industri Teknologi Automasi”. Kegiatan ini dihadiri oleh mahasiswa-mahasiwa Program Studi Ilmu Komunikasi juga dipandu langsung oleh Direktur PT. Vortex Energy Batam yang juga merupakan Ketua Ikatan Alumni (Iluni) UNP.

Melalui kesempatan tersebut, Nadirman menyampaikan kepada seluruh mahasiswa yang mengikuti kegiatan bahwa perkembangan industri 4.0 hari ini mesti sejalan dengan perkembangan Society 5.0. “Olehnya dibutuhkan tiga hal penting, Pertama, Full Skill yang terdiri dari kepakaran dalam bidangnya, dalam hal ini adalah kemampuan komunikasi, negosiasi, serta networking. Kedua, Mindset yang berkaitan dengan pola pikir yang maju, positif, dan optimis, serta keberanian untuk bermimpi besar. Terakhir, Attitude. Ketiganya menjadi penunjang keberhasilan di dunia kerja,” tegas Nadirman, Direktur PT. Vortex Energy Batam.

Terakhir, Nadirman menyampaikan pesan kepada mahasiswa untuk membangun dan meningkatkan kualitas profil diri sebelum memasuki dunia kerja, baik secara offline maupun online. “Kedepannya, rekan-rekan mahasiswa perlu mencurahkan perhatian pada optimalisasi pemanfaatan LinkedIn dan juga platform-platform digital lainnya. Karena pemberi kerja hari ini telah melakukan upaya untuk memeriksa latar belakang calon pekerjanya lewat akun-akun media sosial yang dimiliki,” Tutupnya. (Release-Prodi Ilmu Komunikasi)






Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah