Berita

Ketua MPT DPP ICMI Prof. Ganefri Narasumber dalam Semnas Arah Pembangunan Politik Pendidikan Indonesia 2024-2029 di UPI Bandung

Jumat, 25 Oktober 2024 Humas UNP - Siti Sarah 77

Padang—Ketua Majelis Pendidikan Tinggi (MPT) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Prof. Ganefri, Ph.D yang juga Senior Eksekutif Universitas Negeri Padang (UNP), tampil sebagai pembicara dalam Seminar Nasional Arah Pembangunan Politik Pendidikan Indonesia 2024-2029 di Aula FMIPA Kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Jumat 25 Oktober 2025. 

Kegiatan yang diikuti sebanyak 500 peserta berasal dari dosen,guru, praktisi pendidikan dan mahasiswa tersebut digelar secarahybrid. Prof. Ganefri, Ph. D dalam Semnas ini membawakan makalah berjudul Membangun Guru Masa Depan: Peran Lembaga Pendidik Tenaga Kependidikan dan Integrasi Teknologi dalam Arah Pembangunan Politik Pendidikan Indonesia 2024-2029 Ketika membuka kegiatan Semnas ini Ketua DPP ICMI Prof. Dr. Arif Satria, M.Si yang juga Rektor IPB University mengatakan” Organisasi ICMI khususnya dengan DPP ICMI, siap memberikan sumbangan pemikrannya untuk Pendidikan Indonesia. Selanjutnya akan membangun komunikasi dengan kementerian terkait dalam untuk bersama-sama memikirkan arah pembangunan politik Pendidikan 2024-2029. ICMI sangat terbuka untuk menyumbangkan ide dan inovasinya pada pemerintah.

Ketua DPP MPT Ganefri, Ph.D dalam pemaparannya mengatakan “Guru harus terus beradaptasi, belajar, dan meningkatkan keterampilan mereka untuk tetap relevan dan efektif dalam mendidik generasi siswa yang lahir di era digital, karena tuntutan Profesionalisme guru di abad ke 21. Pembelajaran berpusat pada siswa adalah fondasi penting bagiguru masa depan untuk menjalankan peran yang lebih dinamis, fleksibel, dan inklusif.” Kata Rektor UNP periode 2016- 2024 tersebut.

Dalam Semnas juga terdapat berbagai narasumber yakni Boy Tahruddin Pj Gubernur Jawa Barat, Prof. Dr. Aris Munandar, M.Pd (Komisi Pendidikan dan Penelitian ICMI), dan Prof. Drs Muhammad Najib (wakil Ketua ICMI dan ada pengantar seminar oleh Rektor UPI Prof. Drs. Shalahuddin, M.Pd, M.A (Er/ Humas UNP)





Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah