Berita

Forum Studi Islam Al-Qalam FMIPA UNP Sukses Mengadakan Tarbiyah Ruhiyah Online ldquoSibuk Dalam Skripsi, Kuliah Dan Organisasi Jangan Tinggalkan Membaca Al-Quranrdquo

Selasa, 24 November 2020 Humas UNP - Siti Sarah 970

Padang-- Forum Studi Islam Al-Qalam (Forsia) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Padang (UNP) mengadakan Tarbiru (Tarbiyah Ruhiyah) secara online. Tarbiru kali ini mengangkat tema “Mahasiswa Good Looking Produktif Bersama Al-quran” melalui aplikasi Zoom meeting pada Jum’at (16/10/20). Acara ini biasanya diadakan khusus untuk mahasiswa FMIPA, namun karena keadaan pandemi dan diadakan secara online acara ini terbuka untuk umum.

Pada materi Tarbiru membahas islam dari sudut pandang yang berbeda yaitu mengungkap fakta-fakta yang ada dalam Al-Quran yang bisa dikatakan masih jarang  orang mengetahuinya. Tarbiru juga menjadi wadah keislaman untuk menguak nilai-nilai islam dalam Al-quran yang sangat kaitannya dengan sains.

Tarbiru kali ini menghadirkan pemateri yang luar biasa, yaitu H. Zulkarim Lc, Ma yang merupakan Dosen Tafsir dan Ilmu Al-Quran dan lulusan dari Universitas Al-Azhar, Cairo. Dalam pemaparan materi Zulkarim mengatakan “Al-Quran adalah kalamullah yaitu omongan-omongan Allah, sesibuk apapun kamu dengan skripsi atau organisasi tetapi jangan tinggalkan membaca Al-Quran. Ketika kamu merasa bosan dan malas saat membaca Al-Quran itu kemungkinan karena hawa nafsu kamu sendiri, salah satu tips untu melawan hawa nafsu yaitu dengan cara selalu membaca Al-quran dan lawan rasa bosan hingga rasa bosan itu kalah” ujar Zulkarim.

Sementara itu, Fiki Pratama selaku ketua Forsia menyampaikan “Al-quran sebagai pedoman hidup dan sumber ilmu kehidupan. Kita berusaha menyiarkan nilai-nilai islam ini melalui kajian Tarbiru, bersama ustadz maupun dosen FMIPA yang akan membantu kita memahami luasnya ilmu semesta” ungkap Fiki Pratama.

Lebih lanjut Fiki menyampaikan kegiatan Tabiru ini diikuti 86 orang peserta dan semua peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini, karena selama kuliah online siraman rohani yang dapat mengingatkan kembali kejalan yang benar.

“Insyaallah dengan di adakannya Tarbiru semoga seluruh masyarakat dan juga peserta Tarbiru dapat kembali mempelajari Islam karena ada kebenaran di dalamnya dan juga rahmat bagi semesta alam dan khusus untuk mahasiswa FMIPA dengan diadakannya Tarbiru dapat membuat kita semakin percaya bahwa islam sempurna dan membuat kita semakin dekat dengan sang pencipta Allah Swt”, Ungkap Fiki Pratama. (Forsia/Humas UNP)

Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah