Berita

PG PAUD UNP Jalin Kolaborasi Internasional, Dua Dosen Jadi Pengajar Tamu di UPSI Malaysia

Kamis, 24 Oktober 2024 Humas UNP - Siti Sarah 203

Malaysia — Departemen Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Padang (UNP) sukses melakukan kunjungan akademik ke Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Malaysia pada 21-25 Oktober 2024. Kegiatan ini menghasilkan sejumlah kesepakatan penting dalam rangka meningkatkan kolaborasi antar perguruan tinggi, antara lain team teaching, student exchange, summer course, konferensi internasional, dan pengembangan kurikulum bersama (joint curriculum).

Kunjungan tersebut dihadiri oleh Kepala Departemen PG PAUD UNP, Dr. Serli Marlina, M.Pd., serta dosen PG PAUD, Elise Muryanti, M.Pd., yang turut mendampingi. Dalam kunjungannya, kedua dosen juga mendapat kehormatan menjadi dosen tamu (guest lecture) di Pendidikan Awal Taman Kanak-Kanak, Fakulti Pembangunan Manusia UPSI.

Dr. Serli Marlina, M.Pd. menjadi dosen tamu pada mata kuliah Studi Sosial Anak Usia Dini, sementara Ibu Elise Muryanti, M.Pd. memberikan kuliah tamu pada mata kuliah Literasi Anak Usia Dini. "Kegiatan ini merupakan langkah awal yang baik untuk memperkuat kerja sama antara UNP dan UPSI dalam bidang pendidikan anak usia dini," ujar Dr. Serli Marlina.

Selain itu, kunjungan ini juga mencakup kegiatan kunjungan ke sekolah Tandika, yang akan menjadi lokasi Praktik Lapangan Kependidikan (PLK) bagi mahasiswa PG PAUD UNP di masa mendatang. "Dengan adanya kesempatan ini, mahasiswa kami dapat mendapatkan pengalaman belajar dan mengajar di lingkungan internasional," tambah Elise Muryanti, M.Pd.

Kerja sama internasional yang terjalin diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam pengembangan pendidikan anak usia dini, baik di UNP maupun UPSI, sekaligus memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk merasakan pengalaman belajar lintas negara.


Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah