Berita

PPKLH UNP Lakukan Pelatihan KLHS Pada Para Eselon Kabupaten Solok

Jumat, 24 September 2021 Humas UNP - Siti Sarah 879

Padang----Pusat Penelitian Kependudukan dan Lingkungan Hidup (PPKLH) Universitas Negeri Padang (UNP) dipercayai memberikan pelatihan kepada  30 orang pejabat eselon II dan eselon III di lingkungan Pemda Kabupaten Solok, yang diselenggarakan di ruang pertemuan Pasacasarjana UNP, Kampus UNP Air  Tawar Padang, 23 September 2021. 

Dalam kegiatan pelatihan ini pihak Pemkab Solok langsung mendatangi gedung pascasajana yang dikomandoi oleh Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR)  Kabupaten Solok Ir. Syaiful, SY, MT dan Kadis Lingkungan Hidup Bakhirzal Bhakti, SKM, M.Kes, untuk sharing revisi rencana perubahan RTRW Kabupaten Solok. Selain tim Pemkab Solok juga ingin meminta penyegaran seputar tata kelola lingkungan hidup berbasis pada konsep pembangunan berkelanjutan.

Ketua PPKLH UNP Dr. Indang Dewata, M.Si dalam penyampaian materi menyebutkan ” Bahwa pembangunan sekarang tetatap lah mengacu kepada pilpres 59/19 yaitu Sustainable Development Goals (SDGS) atau pembangunan berkelanjutan yang KLHS (Kajian Lingkungan Hidup Strategis) menjadi dasarnya sesuai UU No. 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Selanjutnya disampaikan RTRW menjadi dasar untuk pelaksaanaan RPJMD yang diterjemahkan oleh masing-masing OPD jika tanpa KLHS, maka kekuatan dasar untuk melaksanakannya menjadi tidak kuat, maka sebelum RTRW disyahkan maka KLHS terlebih dahulu di validasi oleh Pemerintah Propinsi dan jika propinsi (Dinas Lingkungan Hidup) divalidasi oleh Pusat (Kementerian Lingkungan Hidup)” demikian tegas Mantan Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang ini.

Pada sesi kegiatan ini pemateri berasal dari tim PPKLH UNP, yang telah banyak pengalaman lapangan dalam manajemen dan tata keloa lingkungan hidup. Selain itu juga telah banyak menghasilkan riset-riset terkait di level nasional. (Er-Humas/ PPKLH UNP).



Share:

Akademik Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah