Berita

Memaksimalkan Dampak Positif Artificial Intelligence (AI), ICMI Gandeng UNP Gelar Seminar Nasional

Sabtu, 24 Februari 2024 Humas UNP - Siti Sarah 688

Padang - Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) bersama Universitas Negeri Padang (UNP) menggelar seminar nasional “Ketahanan Keluarga di Era Artificial Intelligence” di Ruang Sidang Senat Gedung Rektorat UNP, Sabtu (24/2/2024).

Acara yang digelar secara daring dan luring ini merupakan  program rutin yang dilakukan oleh Majelis Pimpinan Pusat ICMI dalam rangka goes to campus yang kali ini bekerjasama dengan UNP dan diikuti oleh sejumlah mahasiswa dan anggota ICMI Sumatera Barat.

Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D dalam sambutannya mengungkapkan bahwa kegiatan seperti ini sangat penting dilaksanakan mengingat tema yang diusung oleh ICMI dalam seminar ini sangat memberikan manfaat. Ia berharap seminar ini bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh mahasiswa UNP.

"Kami atas nama pimpinan Universitas Negeri Padang mengucapkan terimakasih atas kepercayaan kepada kami UNP untuk melaksanakan seminar ini secara hybrid. Dari tema-tema yang menarik yang akan disampaikan oleh narasumber diharapkan dapat menambah wawasan mahasiswa UNP khususnya dan seluruh peserta seminar secara umum," ungkapnya.

Lebih lanjut peraih Anugerah Academic Leader dari Kemendikbud RI sebagai Rektor terbaik se Indonesia untuk Kategori Perguruan terakreditasi Unggul ini menegaskan bahwa UNP akan terus mendukung dan mendorong ICMI untuk terus berperan dalam mencerdaskan masyarakat dan menciptakan sumber daya manusia unggulan berdasarkan ketaqwaan kepada Tuhan yang maha esa.

Sementara itu, Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Organisasi Wilayah (Orwil) Sumatera Barat, Prof. Dr. Musliar Kasim, M.Si dalam membuka acara mengungkapkan bahwa seminar nasional ini dilaksanakan dengan tujuan bagaimana memaksimalkan dampak positif dari pesatnya perkembangan Artificial Intelligence (AI) dan meminimalisir dampak negatifnya.

"Semoga mahasiswa dapat mengikuti seminar ini dengan baik karena perkembangan teknologi secara umum memberikan dampak positif dan negatif. Jadi seminar ini dilaksanakan bagaimana memaksimalkan dampak positif dari AI yang merupakan kecerdasan buatan yang katanya kecerdasannya melebihi manusia," terangnya.

Lebih lanjut ia berharap kegiatan ini terus dilaksanakan di kampus-kampus lain di Sumbar dengan tema yang berbeda mengingat kegiatan ini bisa dilaksanakan secara hybrid sehingga tak hanya mahasiswa kampus setempat bisa mengikutinya namun juga bisa diikuti oleh siapapun dan dari mana saja.

Seminar yang dimoderatori  Dosen Fakultas Ilmu Sosial (FIS) UNP Susi Fitria Dewi, S.Sos, M.Si, Ph.D ini diisi oleh pemateri diantaranya Ketua Koordinasi Pemberdayaan Perempuan Anak dan Lansia, MPP ICMI , Dr. Herawati Tarigan, Wakil Ketua Umum ICMI , Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari, MM., M.Sc, Wakil Ketua Departemen Pemberdayaan Perempuan, Dra. Ony Jafar, Wakil Sekretaris Jenderal ICMI, Ir. Bambang Sutrisno, kemudian Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, dr. Hanny Nilasari, Sp, D.V.E.,Subsp, Ven, FINSDV, FAADV dan yang terakhir Ketua Departemen Pemberdayaan Perempuan dan Lansia, Ir. Hanifa Husein.

Pada materinya para narasumber mengungkapkan bahwa Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan adalah bentuk teknologi yang diciptakan untuk meniru fungsi kognitif manusia, seperti menganalisis data, memahami pola, mengenali lingkungan sekitar hingga membuat keputusan, sehingga Penggunaan AI sangat berpengaruh dalam berbagai aspek kehidupan, mulai dari pola pikir, hubungan sosial dan kegiatan perekonomian. 

Peran dan fungsi keluarga juga mengalami pergeseran akibat dampak penggunaan AI. Ada beberapa tantangan keluarga di era artificial intelligence: Ketergantungan pada teknologi, Privasi dan keamanan data, kesenjangan teknologi, pengaruh pada pekerjaan, etika dan moralitas. (Utr/Humas UNP)









Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah