
PGPAUD FIP UNP Beri Pelatihan Pembuatan Modul Ajar Flipped Book untuk Guru TKPAUD di Padang Panjang
Padang Panjang – Departemen Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Padang (UNP) memberikan pelatihan pembuatan modul ajar berbasis flipped book bagi guru TK/PAUD Kota Padang Panjang, Sabtu (20/9/2025). Pelatihan ini merupakan bagian dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang dilaksanakan oleh tim dosen PGPAUD FIP UNP terdiri dari sepuluh dosen PGPAUD FIP UNP yang diketuai Dr. Syahrul Ismet, S.Ag., M.Pd.,
Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Humas UNP, Selasa (23/9/2025) menurut Dr. Syahrul Ismet, PKM ini dirancang untuk mendukung profesionalisme guru PAUD sekaligus memperkuat peran perguruan tinggi dalam mentransfer ilmu pengetahuan dan teknologi ke masyarakat.
"Kegiatan ini digelar di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang Panjang sebagai upaya meningkatkan kapasitas pendidik dalam menyusun modul ajar bernuansa budaya Minangkabau sesuai implementasi Peraturan Walikota Padang Panjang No. 64 Tahun 2019 tentang Kurikulum Muatan Lokal PAUD," ungkapnya.
Pelatihan berlangsung dari pukul 08.00 hingga 16.30 WIB dan diikuti oleh 30 guru TK/PAUD dengan anggota Tim PKM Dra. Yulsyofriend, M.Pd.; Dr. Serli Marlina, M.Pd.; Dr. Setiyo Utoyo, M.Pd.; Indra Yeni, M.Pd.; Saridewi, M.Pd.; Vivi Anggraini, M.Pd.; Dr. Rismareni Pransiska, S.S., M.Pd.; Harlina Ramelan, M.Pd.; dan Mutia Afnida, M.Pd. Kegiatan ini juga melibatkan tiga mahasiswa, yakni Rani Hafizatul Fadhila, Amellya Sefri Yunita, dan Rachma Dina.
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang Panjang, Nasrul, S.H., M.Si., membuka kegiatan secara resmi sekaligus menyampaikan apresiasi atas kontribusi akademik UNP dalam mendukung peningkatan kapasitas guru di daerah. Pada kesempatan yang sama, juga dilakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara UNP dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang Panjang.
Materi inti pelatihan mencakup pemahaman Perwako No. 64/2019 yang disampaikan Indra Yeni, M.Pd.; pemanfaatan modul ajar efektif oleh Mutia Afnida, M.Pd.; perancangan modul ajar oleh Vivi Anggraini, M.Pd.; serta workshop praktik digitalisasi flipped book oleh Harlina Ramelan, M.Pd. Para peserta menunjukkan antusiasme tinggi, terutama saat mengikuti sesi praktik digitalisasi modul ajar.
Sebagai tindak lanjut, tim PkM akan melakukan pemantauan penerapan hasil pelatihan. Modul ajar karya peserta akan dihimpun menjadi kompilasi berbasis flipped book yang kemudian diterbitkan sebagai luaran bersama perguruan tinggi dengan mitra masyarakat.
Kegiatan ini membuktikan komitmen Departemen PGPAUD FIP UNP dalam memperkuat kapasitas guru PAUD sekaligus mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), khususnya SDG 4 (Pendidikan Berkualitas). Melalui penguatan kompetensi pendidik dan pemanfaatan teknologi pembelajaran, UNP berperan aktif dalam mendorong pendidikan anak usia dini yang inklusif, inovatif, dan berkelanjutan di Sumatera Barat.
#UNP #KampusBerdampak #SDGs4 #PendidikanBerkualitas #SDG4 #QualityEducation