Berita

Subuh Mubarak Universitas Negeri Padang Pagi Ini: Profil Muslim Sejati

Jumat, 23 Juni 2023 Humas UNP - Siti Sarah 381

PADANG - Pada beberapa hari Universitas Negeri Padang akan mengikuti visitasi lapangan akreditasi Program Studi Pendidikan Dokter oleh LAM-PTkes dengan harapan dapat sukses sehingga dapat melakukan penerimaan mahasiswa baru tahun ini.

Rektor Universitas Negeri Padang yang diwakili oleh Wakil Rektor I Dr. Refnaldi, M.Litt. menyampaikan hal itu dalam sambutannya pada kegiatan Subuh Mubarak Universitas Negeri Padang yang diselenggarakan oleh Fakultas Teknik pada Jumat (23/6) pagi ini yang dilaksanakan di Masjid Al-Azhar Kampus UNP Air Tawar Padang. Kegiatan Subuh Mubarak ini juga dilaksanakan secara virtual yang diikuti oleh pimpinan dan sivitas akademika Universitas Negeri Padang.

Pada kesempatan itu, Wakil Rektor I Dr. Refnaldi, M.Litt. menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas kesediaan Ustaz H. Muharlion, S.Pd. yang merupakan alumni Universitas Negeri Padang pada kegiatan Subuh Mubarak Universitas Negeri Padang yang diselenggarakan secara luring dan daring.

Dalam ceramahnya dengan topik "Profil Muslim Sejati", UstazH. Muharlion, S.Pd.menyampaikan bahwa kita selalu bersyukur atas nikmat iman dan nikmat sehat dari Allah sehingga kita memperoleh kesempatan untuk melaksanakan ibadah kepada Allah.

Pada kesempatan itu, Ustaz H. Muharlion, S.Pd. juga menyampaikan bahwa sebagai muslim tentulah diharapkan memiliki tingkah laku dan perbuatan yang mencerminkan sebagai muslim secara kafah (paripurna).

"Karakter muslim yang paripurna adalah memiliki akidah yang bersih yang semata menggantungkan hidup hanya kepada Allah," jelas UstazH. Muharlion, S.Pd.

Lebih lanjut kata UstazH. Muharlion, S.Pd., karakter muslim paripurna yang kedua adalah orang yang memiliki ibadah yang benar, misalnya orang yang melaksanakan salat sebagaimana salatnya Nabi Muhammad dan demikian juga dengan ibadah lainnya.

"Karakter muslim paripurna yang ketiga adalah memiliki akhlak yang mulia. Akhlak yang mulia sudah banyak dicontohkan oleh Nabi Muhammad ," tambah UstazH. Muharlion, S.Pd.

Selanjutnya UstazH. Muharlion, S.Pd., karakter muslim paripurna yang keempat adalah orang yang memiliki fisik yang sehat karena pada umumnya untuk melaksanakan ibadah membutuhkan fisik yang sehat.

"Karakter muslim paripurna yang kelima adalah memiliki kecerdasan berpikir dan wawasan yang luas," kata UstazH. Muharlion, S.Pd.

Selain itu kata UstazH. Muharlion, S.Pd., karakter muslim paripurna yang keenam adalah orang yang menghormati dan menghargai waktu. (ET- Berita dikutip dari beritaminang.com) 

Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah