Berita

Prodi Keperawatan Jenjang Program D-3 FPK-UNP Jalani Asesmen Lapangan Re-Akreditasi

Kamis, 22 Agustus 2024 Humas UNP - Siti Sarah 1259

Padang-- Melalui persiapan yang cukup panjang dan lama, Prodi Keperawatan D-3 Fakultas Psikologi dan Kesehatan (FPK) Universitas Negeri Padang (UNP), pada akhirnya menjalani Asesmen Lapang (AL) re-akreditasi selama tiga hari (20-22 Agustus 2024). AL re-akreditasi dilakukan oleh dua orang Asesor LAM-PTKes, masing-masing Ns. Ana Zakiyah, S.Kep., M.Kep. (Universitas Bina Sehat PPNI, Mojokerto) dan Ns. I Ketut Alit Adianta, S.Pd., S.Kep., M.N.S. (Institut Teknologi Kesehatan, Bali).

Pembukaan AL dilakukan oleh Rektor Universitas Negeri Padang, Ir. Krismadinata, ST., MT., Ph.D. Dalam sambutannya, Rektor menyampaikan profil singkat UNP juga menyatakan bahwa akreditasi merupakan bentuk pertangggungjawaban publik dari kredibilitas sebuah prodi melalui penilaian pihak eksternal terhadap pelaksanaan perkuliahan serta capaian kinerjanya.  Beliau juga menyampaikan bahwa  UNP saat ini tengah memfokuskan kebijakannya untuk pengembangan sumberdaya menusia, baik dosen maupun tenaga kependidikan. Pada akhir sambutannya, Rektor menyampaikan terimakasih atas kedatangan asesor dan berharap dapat “memotret” kondisi faktual Prodi Keperawatan D-3 FPK-UNP sebagaimana telah diungkapkan melalui Laporan Evaluasi Diri (LED) dan Borang Kinerjanya.

Hari pertama AL, kedua Asesor menyimak presentasi Dekan FPK-UNP selaku Pimpinan Unit Pengelola Program Studi dan berdialog untuk mendalaminya. Kegiatan AL dilanjutkan dengan peninjauan sarana prasarana pendidikan yang ada di FPK-UNP Kampus Air Tawar, Padang. AL hari pertama diakhiri dengan kunjungan ke Rumah Sakit M.Djamil sebagai salah satu lahan praktik mahasiswa. Di sini Asesor mendengarkan penjelasan Ns. Venny Dwita Zola, S.Kep. (Bagian Diklat) terkait mekanisme praktik dan bagaimana bangun kompetensi mahasiswa yang dicapai.

AL berlanjut dengan klarifikasi dokumen atas deskripsi LED dan Borang Kinerja yang diajukan Prodi Keperawatan D-3. Proses ini dimaksudkan untuk pembuktian kebenaran dokumen yang digunakan dalam re-akreditasi. Aktivitas ini berlangsung di Kampus UNP Pariaman. Tidak hanya sekadar klarifikasi dokumen, kedua asesor juga menjajal sarana prasarana perkuliahan, peralatan laboratorium, serta dukungan referensi yang ada di perpustakaan. Selain itu, asesor juga melakukan validasi melalui wawancara dengan melibatkan unsur mahasiswa dan organisasi mahasiswa, alumni, dan pengguna lulusan. Di Pariaman, asesor melakukan kunjungan ke salah satu lahan praktik mahasiswa, dalam hal ini adalah UPTD Puskesmas Kampung Baru Padusunan.

Di Puskesmas, asesor mendapat penjelasan dari  Khadriah selaku Kepala UPTD Puskesmas bagaimana jalannya praktik mahasiswa serta capaian kompetensinya, serta jalannya kemitraan dengan Prodi Keperawatan D-3 FPK-UNP selama ini. Usai dari Kampus UNP Pariaman, perjalanan asesor berlanjut dengan kunjungan ke Kampus UNP Bukittinggi. Di sini, kedua asesor memastikan tersedianya Ruang OSCE sebagai tempat ujian praktik mahasiswa. Kedua asesor terkesan dengan Ruang OSCE yang ada sebagai aset pembelajaran yang digunakan bersama dengan Fakultas Kedokteran UNP. Bahkan asesor juga memberikan arahan agar ruangan ini dapat digunakan nantinya dalam skala nasional yang dapat memberikan income generating bagi UNP.

Pada akhirnya, di hari ketiga kedua asesor LAM-PTKes memberikan arahannya terkait dengan berbagai hal yang perlu dipertahankan dan peningkatan yang harus dilakukan oleh Prodi Keperawatan D-3 FPK-UNP, yang menurutnya memiliki prospek bagus dan akan terus berkembang dengan pengelolaan kualifikasi jenjang program Magister pada suatu saat.

Tentunya Dr. Suryanef, M.Si. selaku Dekan FPK-UNP menyambut baik dan berkomitmen bersama semua unsur pimpinan, dosen serta tendik untuk melaksanakan arahan yang disampaikan para asesor. Di akhir wawancaranya dengan Tim Humas UNP, Suryanef mengungkapkan syukurnya atas berjalannya dengan baik dan lancar AL Prodi Keperawatan D-3. Dekan juga mengimbuhkan bahwa semua ini tidak terlepas atas dukungan Rektor, Ketua Senior Eksekutif serta jajaran pimpinan UNP, para dosen, tendik dan stakeholders. Semoga diperoleh hasil terbaik atas kerja keras yang telah dilakukan ini, demikian pamungkas statement-nya Dekan FPK-UNP.









Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah