Berita

FT dan FPP UNP Hadiri Acara Perkumpulan Ahli Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Indonesia

Jumat, 21 Juli 2023 Humas UNP - Siti Sarah 457

Semarang - Fakultas Teknik serta Fakultas Pariwisata dan Perhotelan Universitas Negeri Padang (FT dan FPP UNP) kembali mengikuti kegiatan bergengsi tingkat nasional Perkumpulan Ahli Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Indonesia (PAPTEKINDO), bersama 18 LPTK se Indonesia. Kegiatan ini diadakan selama 3 hari berturut-turut di Auditorium Universitas Negeri Semarang, Jawa Tengah pada 12-14 Juli 2023, dengan Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang (UNNES) selaku tuan rumah pada tahun ini.

Di kesempatan ini hadir Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.d didampingi ibu Rektor, Dekan FT UNP, Dekan FPP UNP beserta rombongan. Perhelatan PAPTEKINDO diadakan 1 kali dalam 2 tahun ini mendapat sambutan yang antusias dari peserta, dilihat dari jumlah kehadiran peserta sebanyak 759 peserta.

Tema yang diangkat pada PAPTEKINDO 2023 adalah Link and Match antara TVET dan Kebutuhan Industri dalam Mendukung Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Topik ini dikembangkan berdasarkan tema konferensi tahun lalu yaitu “Penguatan Teknologi dan Kompetensi Vokasi pada Revolusi Industri 4.0 menuju Masyarakat 5.0″. Dapat pula dikatakan bahwa tujuan utama dari konferensi ini adalah untuk mempertemukan para peneliti, praktisi, mahasiswa, dan perwakilan organisasi masyarakat sipil dalam sebuah forum ilmiah. Selain itu kegiatan ini juga berbagi dan mendiskusikan pengetahuan teoretis dan praktis tentang pendidikan kejuruan, inovasi dalam sains terapan, dan keteknikan.

Ketua dari PAPTEKINDO Tahun 2023, Wakil Rektor IV UNNES, Prof. Dr. Nur Qudus, M.T., IPM dalam Convention Report menyampaikan bahwa hasil keputusan dari kegiatan kali ini adalah Kegiatan PAPTEKINDO akan dilaksanakan 2 tahun mendatang. Sebagai tuan rumah berikutnya akan dilaksanakan pada Tahun 2025 di Universitas Negeri Padang. 

Pada kesempatan ini ia juga menyampaikan selamat kepada Prof. Dra. Ernawati, M.Pd., Ph.D. (Dekan FPP UNP Padang) yang telah telah terpilih sebagai ketua PAPTEKINDO Tahun 2025, juga kepada yaitu Prof. Dr. Andoko, S.T., M.T. dari Universitas Muhammadyah Malang sebagai Wakil Ketua, Dr. A.G. Thamrin, M.Pd., M.Si dari UNS Surakarta sebagai Sekretaris, serta Dr. Wirawan Sumbodo, M.T. dari UNNES sebagai Bendahara.

Pada gelaran PAPTEKINDO ini juga diselenggarakan Acara International Conference and Convention (VEIC) yang pada tanggal 13 Juli 2023 di Auditorium UNNES secara Hybrid dengan menampilkan pembicara atau Keynote Speaker  Prof. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd., Prof. Dr. Kongkiti Phusavat, Assoc Prof. Dr. Alias Bin Masek, dan Dr. Wardani Sugiyanto, M.Pd. Setelah kegiatan VEIC, para peserta diarahkan untuk menuju ke Fakultas Teknik UNNES guna mengikuti acara berikutnya yaitu Parallel Session. (TI/ Humas UNP)





Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah