Berita

Penggunaan Konseling KREIN MKP untuk mereduksi kecemasan di Era Covid-19

Jumat, 20 November 2020 Humas UNP - Siti Sarah 1243

Padang – Jurusan Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Padang berhasil melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dikala pandemi sedang terjadi  dengan tema “Penggunaan Konseling KREIN MKP untuk mereduksi kecemasan di Era Covid-19”, sesuai dengan tema, kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan memberikan layanan informasi dan edukasi kepada masyarakat luas, termasuk didalamnya akademisi dan praktisi bidang keilmuan terkait, dilaksanakan melalui Platform Zoom Meeting Room dan Youtube Live Streaming,

KREIN MKP itu sendiri merupakan singkatan dari Konseling Kreatif Inovatif Mereduksi Kecemasan Pandemi. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu, 30 September 2020, dimulai pada Pukul 10.00 dan berakhir pukul 12.00, dengan pemateri: Dr. Yeni Karneli, M.Pd., Kons, Dr. Yarmis Syukur, M.Pd., Kons, Dr. H.M. Suko Budiono, M.Pd., Kons, dan Arief Hakim Iskandar, M.Pd., Kons

Kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 200 peserta dari seluruh Indonesia, berlangsung  lancar dengan sistem registrasi yang simple sehingga memungkinkan untuk diikuti oleh masyarakat secara luas, antusiasme peserta terlihat disaat sesi tanya jawab, namun karena waktu yang terbatas, sehingga beberapa pertanyaan hebat dari peserta tidak sempat dijawab langsung oleh pemateri.

Acara ini dimoderatori oleh Riska Pratiwi, S.Pd yang merupakan mahasiswa pascasarjana jurusan bimbingan dan konseling, persiapan teknis dan media dihandle oleh Yan Guspriadi, yang merupakan mahasiswa S1 Jurusan Bimbingan dan Konseling, yang saat ini juga sedang melaksanakan PLK (Praktik Lapangan Kependidikan) di SMKN 2 Padang. Kegiatan ini juga bekerja sama dengan MGBK SMK Se-Kota Padang yang diketuai oleh Muharti Rosa Putri, S.Pd.

Secara keseluruhan kegiatan ini menjelaskan bagaimana kecemasan yang berhubungan Pandemi ditengah masyarakat ini bisa direduksi asalkan kita bisa paham penyebab  dan bagaimana kecemasan itu terjadi, apa ciri-ciri yang tampak secara fisik, maupun behavioral, sehingga dari informasi dan pengetahuan yang telah  didapatkan dari kegiatan ini, dapat  menjadi bekal bagi diri sendiri, juga bisa diimplementasikan dan diaplikasikan oleh individu atau kelompok masyarakat yang sudah berkompeten dibidang terkait, untuk mengatasi stress dan kecemasan yang terjadi didalam masyarakat pada saat ini (BK UNP/Humas UNP)



Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah