Berita

Keren! Tim PKM-RSH UNP ciptakan IMPULSCARD : Inovasi Permainan Monopoli dalam Menurunkan Impulsive Buying Behavior in Marketplace pada Siswa SMA di Kota Padang

Jumat, 19 Juli 2024 Humas UNP - Siti Sarah 783

Tim Program Kreativitas Mahasiswa-Riset Sosial Humaniora (PKM-RSH) 2024 Universitas Negeri Padang ciptakan permainan IMPULSCARD yang merupakan inovasi permainan monopoli sebagai media edukasi dalam menurunkan impulsive buying behavior in marketplace pada siswa SMA di Kota Padang. 

Permainan karya lima mahasiswa UNP  yaitu Ikelara Aritonang, Salsabila Fajriati Huda, Mey Lani Rudita Lia, Selvia, dan Devi Yopita Sipayung itu hadir sebagai solusi dalam mengatasi maraknya tindakan pembelian impulsif atau impulsive buying ketika ada promo gratis ongkir, diskon besar-besaran, ada iming-iming limited edition, dan dorongan yang sangat besar untuk membelinya. 

Kegiatan penelitian ini dilakukan di ruangan Departemen Psikologi UNP pada Rabu (17/7/2024). Penelitian ini  juga didampingi oleh Mario Pratama, S. Psi., M. A selaku dosen pembimbing. Adapun subjek dalam penelitian ini yaitu 6 orang siswa SMA di Kota Padang, dengan 3 orang kelompok eksperimen & 3 orang kelompok kontrol yang dipilih melalui teknik purposive sampling.

Diketahui permainan Impulscard menggabungkan permainan kartu dan permainan monopoli. Adapun keunggulan dari permainan IMPULSCARD ini yaitu menawarkan pendekatan yang edukatif dan interaktif dengan menggabungkan unsur edukasi dan hiburan pada saat siswa bermain, sehingga siswa dapat merasakan kondisi belajar dalam penggunaan uang sambil bermain. 

Selain itu arena permainan IMPULSCARD juga disajikan dalam bentuk boardgame yang menarik sesuai dengan trend saat ini. Dalam set permainan IMPULSCARD ini juga terdapat panduan modul eksperimen dan manual book yang bisa menjadi pegangangan oleh tim peneliti sebelum melakukan eksperimen.


Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah