Berita

Pengabdian mahasiswa Geografi UNP kepada masyarakat dengan Program Taman Pangan Mandiri di Mentawai

Rabu, 16 November 2022 Humas UNP - Siti Sarah 568

Padang-- Program penguatan kapasitas organisasi kemahasiswa (PPK ORMAWA) adalah suautu penguatan kapasitas organisasi mahasiswa melalui serangkaian proses pembinaan ormawa oleh Perguruan tinggi yang di implementasikan dalam program pengabdian dan pemberdayaan. Organisasi Mahasiswa departemen geografi telah lulus seleksi dan di biayai untuk program pengabdiaan masyarakat dan pemberdayaan. Program PPK ORMWA Geografi salah satunya yaitu taman pangan mandiri yang lokasinya di Muara Sikabaluan/Kec. Siberut Utara Kabupaten Mentawai. 

Kegiatan Taman pangan mandiri dilaksanakan pada bulan September sampai November 2022.  Program ini mendatangkan narasumber dari Balai Benih Induk Lubuk Minturun (BBI). Pemberdayaan masyarakat melalui Program Taman Pangan Mandiri merupakan usaha ekonomi pertanian untuk melestarikan hutan yang berlokasi di Dusun Nang-Nang, Desa Muara Sikabaluan, Kepulauan Mentawai. Program Taman Pangan Mandiri melibatkan mahasiswa dan kelompok Tani TOL (Tak Oring Lelenggu) yang beranggotakan 5 orang.

Memanfaatkan lahan ukuran 20x25 menggunakan waring sebagai dinding dan atapnya serta pembuatan 5 bedengan diharapkan dapat membantu proses penamaman pada Program Taman Pangan Mandiri. Adapun tanaman yang akan di bibit dan dikembangkan dalam program taman mandiri ini adalah tanaman pangan, tanaman obat dan sebagainya. 

Melalui Program Taman Pangan Mandiri diharapkan mampu memberikan ilmu dan pengalaman tentang pemanfaaatan lahan, meningkatkan kemampuan dan pengalaman kelompok Tani TOL Desa Muara Sikabaluan, dan mengembangkan metode pembibitan tanaman pangan, obat ataupun palawija dengan sistem Agroforestri. (Nur Falah/Humas UNP) 

Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah